FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERBEDAAN NILAI PROFESIONAL PERAWAT PADA MAHASISWA PROFESI NERS KELAS KHUSUS

Tri Hartiti, Muhammad Zainova NH

Abstract


Latar belakang : Profesionalisasi keperawatan merupakan proses dinamis dimana profesi keperawatan yang telah terbentuk mengalami perubahan dan perkembangan karakteristik sesuai dengan tuntutan profesi dan kebutuhan masyarakat. Instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur nilai profesional seorang perawat atau mahasiswa perawat, yakni Nurses Professional Values Sclae-Revised (NPVS-R). Instrumen ini disusun dan dikembangkan sedemikian rupa, sehingga tersusunlah 28 pernyataan positif dengan skala likert untuk faktor analisis yang merupakan turunan dari kode etik keperawatan yakni caring, avtivism, trust, profesionalism, dan justice mengukur nilai profesional keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai profesional perawat pada Mahasiswa Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik deskriptif kuantitatif dengan Metode observasional dengan populasi adalah semua Mahasiswa Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Semarang kelas khusus sebanyak 47 mahasiswa, dengan teknik sampling total sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden mempunyai nilai caring baik sebanyak 25 responden (53,2%), sebagian besar respon mempunyai nilai activism baik sebanyak 27 responden (57,4%), sebagian besar responden mempunyai nilai profesionalism baik sebanyak 26 responden (55,3%).


Keywords


Nilai Profesionalitas Keperawatan; caring; activism; professionalism; mahasiswa Ners;

Full Text:

PDF

References


Alec Fisher. 2014. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga.

American Association of Colleges of Nursing [AACN]. 2008. The Essentials Of Baccalaureate Education For Professional Nursing Practice. Washington, DC.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Asmadi. 2008. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : EGC.

Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Djojodibroto, R.D. 2004. Tradisi Kehidupan Akademik. Yogyakarta: Galang Press.

Ganda, Yahya. 2004. Petunjuk Praktis Cara Mahasiswa Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Long, Barbara C. 2006. Perawatan Medikal Bedah (Suatu Pendekatan Proses Keperawatan). Jilid 3. Bandung : Yayasan Ikatan Alumni Pendidikan Keperawatan.

Ma, Fang., Li Jiping., Zhu, Dan., Bai, Yang juan., dan Song, Jianhua. 2013. Confronting The Caring Crisis In Clinical Practice. Medical Education: Vol. 47, hal. 1037–1047. doi: 10.1111/medu.12250.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. 2011. Proses dan Dokumentasi Keperawatan, Konsep dan Praktek. Jakarta : Salemba Medika.

________ 2013. Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Potter, P.A, Perry, A.G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4.Volume 2.Alih Bahasa : Renata Komalasari, dkk. Jakarta : EGC.

PPNI Indonesia. 2005. Standar Kompetensi Perawat Indonesia. dari PPNI Indonesia website: http://www.inna-ppni.or.id.

Sartika & Nanda. 2011. Konsep Caring. diambil dari http://www.pedomannews.com. Diakses 10 Januari 2018.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Setiawan A. & Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Waltz, e. a. 2010. Meansurement in Nursing Health Research,. New York: LCC.

Weis, D., Schank, M. J. 2009. Development and Psychometric Evaluation of the Nurses Professional Values Scale-Revised. Journal of Nursing Measurement : Vol. 17, No. 3, hal.221-231. Doi 10.1891/10613749.17.3.221.

Wood, M. J., & Ross-Kerr, J. C. 2011. Basic steps in planning nursing research: From question to proposal (7th Ed.). Sudbury, MA: Jones and Bartlett Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF - 43 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jk.8.1.2019.18-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JURNAL KEBIDANAN

Program Studi Kebidanan
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
NRC Building, 2nd FLoor
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Tlp. +6224-76740288, Fax. +6224-76740287

Send Mail

 

Creative Commons License
Jurnal Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.