Perbedaan Keasaman Air Susu Ibu Perah (ASIP) berdasarkan Lama Penyimpanan

Dian Nintyasari Mustika, Siti Nurjanah, Yuliana Noor Setiawati Ulvie

Abstract


Pemberian ASI di Indonesia belum dilaksanakan sepenuhnya sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan perilaku menyusui pada ibu yang memiliki bayi khususnya pemberian ASI eksklusif. Salah satu hal yang menghambat pemberian ASI eksklusif seringkali dialami oleh ibu pekerja, di antaranya adalah pengetahuan dan kondisi yang kurang memadai bagi para ibu yang bekerja. Ibu pekerja harus memerah asi selama jam kerja bila ingin memberikan asi secara eksklusif. Penyimpanan ASIP harus memperhatikan level suhu dan durasi waktu penyimpanan agar tetap aman dikonsumsi bayi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan keasaman ASIP berdasarkan lama penyimpanan. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu pekerja yang memberikan ASI lewat ASI Perah. Sampel dalam penelitian ini adalah ASI dari Ibu Pekerja. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif secara deskriptif. Manfaat dari hasil penelitian ini yaitu diharapkan para ibu tidak ragu memberikan ASI eksklusif pada bayinya, para ibu pekerja bisa menyimpan ASIP nya di cooler bag atau lemari pendingin sehingga ibu pekerja masih tetap bisa memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga bayi berusia 2 tahun.

Keywords


ASI perah; keasaman;

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. dan J.T. Isworo. 2012. Pengaruh Penyimpanan Pada Suhu Rendah Terhadap Umur Simpan dan Total Bakteri Air Susu Ibu. Prosiding Hasil Seminar Nasional. Lembaga Penelitian Universitas Muhammadiyah Semarang.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 2015. Profil Kesehatan.

Fazriyati, Wardah. Jangan Asal Menyimpan ASI, Ikuti Metodenya. http://female.kompas.com/read/2010/09/03/1501441/jangan.asal.simpan.asi.perah.ikuti.metodenya. Diakses pada 3 September 2010.

Herawati H. 2008. Penentuan Umur Simpan pada Produk Pangan. Jurnal Litbang Pertanian. Bogor : Kementrian Pertanian-Republik Indonesia.

Muchtadi, T.R, Sugiyono, F. Ayustaningwarno. 2010. Ilmu Pengetahuan Bahan. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Murti, T. W., 2014. Pangan, Gizi dan Teknologi Susu. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Peraturan Bersama Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Kesehatan Nomor 48/MEN.PP/XII/2008, PER.27/MEN/XII/2008 dan 1177/MENKES/PB/XII/2008 tentang Peningkatan Pemberian Air Susu Ibu Selama Waktu Kerja di Tempat Kerja

Muchtadi, T,R, dan Sugiyono. 1992. Petunjuk Laboratorium Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. IPB, Bogor.

Soetjiningsih. 1997. ASI Petunjuk untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.


Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 43 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jk.8.1.2019.68-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JURNAL KEBIDANAN

Program Studi Kebidanan
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
NRC Building, 2nd FLoor
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Tlp. +6224-76740288, Fax. +6224-76740287

Send Mail

 

Creative Commons License
Jurnal Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.