HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI PADA IBU HAMIL DENGAN KUNJUNGAN ANC DI RUMAH BERSALIN BHAKTI IBI JL. SENDANGGUWO BARU V NO 44C KOTA SEMARANG

Lia Mulyanti, Mudrikatun -, Sawitry -

Abstract


Dari pengalaman peneliti yang telah didapatkan selama bekerja di RB Bhakti IBI peneliti menemukan kasus bahwa ada pasien persalinan yang tidak pernah memeriksakan kehamilannya dan ada beberapa ibu menyatakan malas untuk memeriksakan kehamilannya karena suami tidak mau mengantarkan dan tidak begitu peduli dengan kehamilannya. Dari kasus ini peneliti beranggapan bahwa dukungan suami mempengaruhi ibu untuk memeriksakan kehamilannya. penelitian untuk mengetahui hubungan dukungan suami pada ibu hamil dengan kunjungan ANC di Rumah Bersalin Bhakti IBI Semarang.

Penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan rancangan crossectional ini menggunakan sampel 30 ibu hamil di Rumah Bersalin Bhakti IBI Semarang. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, yang kemudian diuji validitas serta reliabilitasnya. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisis data dengan analisis statistik deskriptif dan chi square test. Dari analisis univariat untuk variabel dukungan suami diperoleh: responden yang tidak mendapat dukungan suami 17 orang (56,7%) sedangkan responden yang mendapat dukungan suami 13 orang (43,3%). Sedangkan kunjungan ANC: 17 orang (56,7%) melakukan kunjungan ANC dengan baik dan 13 orang (43,3%) melakukan kunjungan ANC tidak baik. Dari Chi square test diperoleh p = 0,007. Oleh karena nilai p < 0,05; maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan antara dukungan suami pada ibu hamil dengan kunjungan ANC.

Kata kunci: Dukungan suami, Kunjungan ANC


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1573 times
PDF - 1580 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jk.2.1.2013.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JURNAL KEBIDANAN

Program Studi Kebidanan
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
NRC Building, 2nd FLoor
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Tlp. +6224-76740288, Fax. +6224-76740287

Send Mail

 

Creative Commons License
Jurnal Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.