Hubungan Usia, Lama Kerja, dan Kebiasaan Merokok dengan Fungsi Paru pada Juru parker di Jalan Pandanaran Semarang

Dian Pratama Putra, Pasijan Rahmatullah, Andra Novitasari

Abstract


Latar Belakang : Tahun 2003 terjadi penurunan kualitas udara di Semarang. Penurunan kualitas udara ini akan  mempengaruhi tingkat kesehatan paru. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui dampak polusi terhadap kesehatan juru parkir.

Tujuan : untuk mengetahui hubungan antara usia, lama kerja, dan kebiasaan merokok dengan fungsi paru.

Metode : Explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah juru parkir di jalan Pandanaran sejumlah 30 orang. Tekhnik sampel total sampling. Analisa bivariat dengan uji Korelasi pearson untuk data distribusi normal dan Rank Spearman untuk data distribusi tidak normal.

Hasil : Berdasarkan usia responden,19 orang (67,9 %) memiliki usia > 35 tahun. Berdasarkan lama kerja paling lama responden telah bekerja 42 tahun dan paling sedikit 2 tahun dengan rata-rata 10,29 tahun. Dari 28 responden, 10 orang ( 35,7%) merupakan perokok berat. Hasil pengukuran nilai kapasitas vital paru didapatkan 10 responden (35,7%) mengalami gangguan retraksi sedang. Sebanyak 8 responden (28,57%) masih memiliki fungsi paru normal, 7 responden (25%) mengalami gangguan retraksi ringan dan 3 responden (10,71%) memiliki gangguan retraksi berat. Hasil uji statistik usia dengan nilai KVP didapatkan p-value = 0,014 dengan  r = -0,457, dapat disimpulkan ada korelasi cukup kuat dengan arah korelasi negatif.  Hasil uji lama kerja dengan nilai KVP didapatkan  p value =0.014 dengan r = -0,506. Hasil tersebut menunjukan ada korelasi cukup kuat antara lama kerja dengan nilai KVP dengan arah korelasi negatif.  Hasil uji statistik kebiasaan merokok didapatkan hasil p-value = 0,259 dan nilai koefisien 0,240 sehingga dapat disimpulkan tidak ada korelasi antara kebiasaan merokok dengan nilai KVP.

Kesimpulan : Ada hubungan antara usia dan lama kerja dengan fungsi paru tidak ada hubungan antara kebiasaan merokok dengan fungsi paru.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Wonodri Sendang Raya No. 2A Semarang, Jawa Tengah, Indonesia : Telp. +62 24 841 5 764 | email: fk.unimus@gmail.com , fk@unimus.ac.id