Sindroma Perimenopause pada Akseptor Kontrasepsi progesterone, Kombinasi, dan Non-hormonal

Fajriana Marethiafani(1*), Siti Moetmainnah P.(2), Merry Tiyas A.(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang       : Sindroma perimenopause merupakan kumpulan keluhan dan gejala meliputi psikologis, somato-vegetatif, dan urogenital pada wanita menjelang menopause. Meskipun mengalami penurunan kesuburan, pada masa ini wanita tetap membutuhkan kontrasepsi. Kontrasepsi oral kombinasi dapat meringankan sindroma perimenopause. Sediaan progesteron only dapat meringankan gejala vasomotor.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan membandingkan sindroma perimenopause pada akseptor kontrasepsi kombinasi, progesteron-only, dan non-hormonal.

Metode : Desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional retrospektif. Sampel diperoleh dengan teknik total sampling sebanyak 100 wanita usia 48-45 tahun, guru di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah yang menjadi akseptor kontraepsi kombinasi, progesteron only, dan non-hormonal yang memenuhi kriteria inklusi.  Sindroma Perimenopause diukur dengan MRS melalui angket. Data dianalisis menggunakan uji Kruskal Wallis.

Hasil : Sebesar  47,6% aksepor kontrasepsi kombinasi, 47,8% progesteron only, 46,4% non-hormonal tidak mengalami sindroma perimenopause. Tidak ada akseptor kontrasepsi kombinasi yang mengalami sindroma perimenopause berat, sedangkan progesteron only 3,4% dan non-hormonal 3,6%. Tidak terdapat perbedaan sindroma perimenopause (p=0,793), keluhan psikologis (p=0,567), somato-vegetatif (p=0,956), dan urogenital (p=0,835 yang bermakna pada akseptor kontrasepsi kombinasi, progesteron-only, dan non-hormonal.

Kesimpulan : Tidak ada perbedaan sindroma perimenopause pada akseptor kontrasepsi oral kombinasi, progesteron only dan non-hormonal sindroma perimenopause.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 529 times
PDF - 451 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Wonodri Sendang Raya No. 2A Semarang, Jawa Tengah, Indonesia : Telp. +62 24 841 5 764 | email: [email protected] , [email protected]