Hubungan Antara Obesitas dengan Osteoartritis Lutut di RSUP Dr. Kariadi Semarang Periode Oktober-Desember 2011

Rifa Siti Nursyarifah, Kuntio Sri Herlambang, Merry Tiyas A.

Abstract


Latar belakang: Osteoartritis atau  penyakit sendi degeneratif merupakan gangguan sendi yang sering ditemukan pada seseorang yang mulai menginjak usia lanjut. Osteoartritis lebih banyak terjadi pada sendi yang menopang badan, terutama sendi lutut. Obesitas merupakan salah satu faktor risiko yang dapat dimodifikasi terkuat untuk terjadinya osteoartritis, terutama pada sendi lutut.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara obesitas dengan kejadian osteoartritis lutut di RSUP Dr. Kariadi Semarang periode oktober-desember 2011.

Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien osteoartritis lutut yang berobat di Poli Penyakit Dalam sub Reumatologi dan Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang selama bulan Oktober sampai Desember 2011. Sampel penelitian sebanyak 40 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi dengan teknik Consecutive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner, wawancara serta pengukuran berat badan dan tinggi badan. Analisis data menggunakan dengan uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan 5% (α=0,05).

Hasil: Hasil dari uji Chi Square didapatkan p value 0,000. Oleh karena nilai p < 0,05 maka terdapat hubungan yang bermakna antara obesitas dengan kejadian osteoartritis lutut dimana osteoartritis lutut unilateral sebanyak 24 orang (60%) dan osteoartritis lutut bilateral sebanyak 16 orang (40%).

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara obesitas dengan kejadian osteoartritis lutut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Wonodri Sendang Raya No. 2A Semarang, Jawa Tengah, Indonesia : Telp. +62 24 841 5 764 | email: fk.unimus@gmail.com , fk@unimus.ac.id