Korelasi Hubungan Seksual Pra Nikah Terhadap Kejadian Infeksi Menular Seksual

Muhammad Riza Setiawan(1*), Retno Indrastiti(2), Adetia Krisna(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Angka kejadian Infeksi Menular Seksual (IMS) yang diderita masyarakat masih tinggi. Di Kota Semarang pada tahun 2007, terdapat 550 kasus kejadian IMS, tahun 2008, terdapat 481 kasus IMS, sedangkan pada tahun 2009 terjadi peningkatan kasus IMS, yaitu mencapai 2.471 kasus dari empat Puskesmas yang melakukan pelayanan pengobatan kasus IMS. Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Dari hasil studi kasus yang dilakukan PKBI Jateng tahun 2002, didapatkan perilaku hubungan seksual pada mahasiswa sangat meningkat.

Metode : Penelitian bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional study. Populasi penelitian ini Mahasiswi S1 di Kota Semarang, sebanyak 55948 orang. Sampel penelitian ini 60 orang. Pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling. Analisis univariat dilakukan secara deskriptif meliputi umur, hubungan seksual pra nikah, dan kejadian infeksi menular seksual. Analisis bivariat digunakan rasio prevalensi, dilanjutkan analisis Chi Square menggunakan tabel 2x2, meliputi hubungan seksual pra nikah (variabel bebas) dan kejadian infeksi menular seksual (variabel terikat).

Hasil : Mahasiswi melakukan hubungan seksual pra nikah sebanyak (47%), tidak melakukan sebanyak (53%). Mahasiswi terkena IMS sebanyak (42%), tidak sebanyak (58%). Rasio Prevalensi diperoleh 2,04 dan confidence interval diperoleh 4,90. Maka melakukan hubungan seksual pra nikah memang sebagai penyebab terjadinya IMS (RP=2,04>1;CI=4,9>1). Nilai Fishers Exact p=0,036 (p=0,036<0,05) ada hubungan yang bermakna atau signifikan antara mahasiswi yang melakukan hubungan seksual pra nikah dan mahasiswi yang tidak melakukan hubungan seksual pra nikah dengan kejadian terkena IMS.

Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara mahasiswi yang melakukan hubungan seksual pra nikah dan mahasiswi yang tidak melakukan hubungan seksual pra nikah dengan kejadian terkena Infeksi Menular Seksual (IMS).

Kata Kunci : Infeksi Menular Seksual, Hubungan Seksual, Mahasiwi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 374 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Wonodri Sendang Raya No. 2A Semarang, Jawa Tengah, Indonesia : Telp. +62 24 841 5 764 | email: [email protected] , [email protected]