Analisis Praktik Klinik Keperawatan Pemberian Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Diaper Rash Pada Bayi Di Ruang Neonatal Intensive Care Unit RSUD Taman Husada Bontang Tahun 2022

Nur Herlindra Alawiyah(1*), Fatma Zulaikha(2)


(1) Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
(2) Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Bayi mempunyai kulit yang sensitif terhadap keadaan yang ada dilingkungannya. Kondisi kulit bayi yang tipis mengakibatkan bayi lebih rentan terhadap iritasi, infeksi, dan alergi. Masalah yang sering terjadi pada bayi dan anak adalah diaper rash (ruam popok). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan analisa terhadap kasus kelolaan dengan menggunakan virgin coconut oil (VCO) terhadap diaper rash pada bayi. Hasil Pada 3 hari berturut-turut diberikan intervensi virgin coconut oil (VCO) pada daerah yang terdapat diaper rash dapat dilihat bahwa terjadi perubahan derajat diaper rash yang dialami By.Ny.F. Pada hari pertama derajat diaper rash yang dialami By.Ny.F dalam derajat 1 yaitu derajat ringan. Kemudian pada hari kedua derajat diaper rash yang dialami By.Ny.F masih dalam derajat 1 tetapi ada perubahan warna kulit yang awalnya kemerahan yaitu memudar. Pada hari ketiga derajat diaper rash yang dialami By.Ny.F dalam derajat 0 yaitu terdapat penurunan yang artinya kulit By.Ny.F yang awalnya terdapat kemerahan menjadi tidak terdapat kemerahan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu analisis menunjukkan adanya perubahan yang signifikan atau perubahan yang baik pada hasil observasi dengan penggunaan virgin coconut oil (VCO) terhadap diaper rash pada bayi.

Keywords


Berat Bayi Lahir Sangat Rendah; Diaper rash; Virgin coconut oil (VCO)

References


Firmansyah, F., Asnaniar, W. O. S., & Sudarman, S. (2019). Pengaruh pemberian virgin coconut oil (VCO) terhadap ruam popok pada bayi. Celebes Health Journal, 1(1), 31-39.

Frasillia, C., & Romantika, I. W. (2021). Pengaruh Pemberian Virgin coconut oil Terhadap Kejadian Ruam Popok. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 2(03), 42-48.

Maftukhah, A. (2018). Pengaruh Perawatan Perianal Dengan Minyak Kelapa Terhadap Pencegahan Terjadinya Gangguan Integritas Jaringan Kulit Perianal Pada Bayi Diare. Jurnal AKP, 4(2), 55–61.

Meliyana, E. (2018). Pengaruh Pemberian Coconut Oil Terhadap Kejadian Ruam Popok Pada Bayi. Citra Delima: Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 2(1), 71-80.

PPNI, T. P. S. D. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

PPNI, T. P. S. D. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

PPNI, T. P. S. D. (2019). Standar Luaran Keperawatan Indonesia. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Rakhmawati, D. (2016). Penggunaan VCO (Virgin coconut oil) Sebagai Pengobatan Ruam Popok Pada Bayi S Umur 10 Bulan Di BPM Aning Frianti P. Jati Jajar Kebumen (Doctoral dissertation, Stikes Muhammadiyah Gombong).

Setianingsih, Y. A., & Hasanah, I. (2017). Pengaruh Minyak Zaitun (Olive Oil) Terhadap Penyembuhan Ruam Popok Pada Bayi Usia 0-12 Bulan Di Desa Sukobanah Kabupaten Sampang Madura. Infokes, 7(02), 22-27.


Article Metrics

Abstract view : 143 times


DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v4i2.10173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Herlindra Alawiyah, Fatma Zulaikha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]