Pengaruh Rendam Kaki Air Jahe Merah Hangat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi

Dyan Sriyatna(1*), Desi Ariyana Rahayu(2)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Hipertensi atau tekanan darah tinggi yaitu dimana kondisi tekanan sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diatolik lebih dari 90 mmHg. Salah satu permaslalahan pada lanjlut uslia adlalah masallah akibat prosles degleneratif. Rendaman kaki dapat dikombinasikan dengan bahan herbal salah satunya jahe. Rasa hangat pada jahe dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah lancar. Studi kasus ini bertujuan untulk mengetalhui penurlunan teklanan daralh tinggi padla paslien hipertenlsi setelah melakukan renldam kakli air jahe merah hanlgat. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan asuahan keperawatan pada pasien hipertensi yang mengalami tekanan darah tinggi memberikan rendam kaki air jahe merah hangat. Alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, metode yang digunakan wawancara, spygnomanometer, dan air jahe merah hangat. Dari haslil studi klasus yang dilberikan mlelalui asuhan keperawaltan palda pasien dengaln memberikan terapli komplementer rendam kalki air jahe merah hangat pada pasien hipertensi, selajutnya dilakukan evaluasi dengan cara menilai kembali tekanan darah pada pasien. Hasil menunjukkan terdapat penurunan tekanan darah pada subjek denlgan ratla-rata penurlunan systolle sebanlyak 10 mlmHg dan penurunlan rlata-rata diastole sebanylak 10 mmlHg. Dapat disimpulkan adanya pengaruh terapi rendam kaki air jahe merah hangat terhadap pasien hipertensi dengan penurunan tekanan darah.

Keywords


Hipertensi;Tekanan darah; Rendam kaki air jahe merah hangat

Full Text:

PDF

References


Agung, S. . (2015). Pengaruh Terapi Rendam Kaki Air Hangat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi.

Kristanto, & Maliya. (2012). Proses menua pada lansia dan implikasi kliniknya dalam buku ajar ilmu penyakit dalam (Edisi 4). Internal Publishing.

Kurniawati, N. (2010). Sehat dan Cantik Alami Berka Khasiat Bumbu Dapur. Qanita.

Nurahmandani, A. R., Hartati, E., & Supriyono, M. (2016). Efektivitas Pemberian Terapi rendam kaki Air Jahe Hangat terhadap Penurunan Tekanan darah pada Lamsia dengan Hipertensi dip anti Werdha Pucang Gading Semarang.

Nurarif, K., & Kusuma, H. (2016). suhan Keperawatan Praktis. Mediaction Jogja.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2017). Buku Ajar Fundemental Keperawatan (Edisi 6 Vo). EGC.

Potter, P. A., Perry, A. G., Stockert, P., & Hall, A. (2016). Fundamental of Nursing. In elservier health science.

Riskesdas. (2018). Badan Penelitian dan Pengembagan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Sambeka, Rahelea, Anfgela, F. ., & A. Afnal. (2018). Hubungan Kualitas Tidur dengan Hipertensi pada Lansia di Desa Tambun Kecamatan Likupang Barat Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Santoso, & Agung, D. (2015). Pengaruh Terapi Rendam Kaki Air Hangat terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi di Wolayah Kerja UPK Puskesmas Khatuliswa. Skripsi, Universitas Tanjungpura,Pontianak.

Setiawan, IWA, Yunani, & Kusyati. (2014). Hubungan Frekuensi Senam Lansia Terhadap Tekanan Darah Dan Nadi Pada Lansia Hipertensi. Prosiding Konferensi Nasional II PPNI Jawa Tengah, Semarang.

Setyaningrum, H. ., & Saparinto, C. (2013). Jahe. Penebar Swadaya.

Sucipto, Bayu, M., Setiyono, & Erwan. (2019). Efektifitas terapi rendam kaki dengan air jahe hangat terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat.

WHO. (2015). World Health Statistic Report 2015. In Geneva. World Health Organization.


Article Metrics

Abstract view : 1916 times
PDF - 409 times

DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v3i3.10473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dyan Sriyatna, Desi Ariyana Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]