Penerapan Edukasi Laktasi Menggunakan Metode Participatory Learning And Action Terhadap Masalah Defisit Pengetahuan Tentang Menyusui Pada Ibu Hamil Trimester III

Hendro Apriyanto(1), Diena Juliana(2*)


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Islam Pontianak
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Islam Pontianak
(*) Corresponding Author

Abstract


Air susu ibu adalah makanan pertama yang alami untuk bayi. ASI mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan bayi untuk memenuhi kebutuhan gizi di 6 bulan pertamanya. Salah satu faktor yang menyebabkan bayi tidak mendapatkan ASI dengan baik adalah faktor pengetahuan ibu. Persiapan menyusui pada masa kehamilan penting dilakukan, sebab dengan persiapan yang lebih baik maka ibu lebih siap menyusui bayinya dan menunjang keberhasilan ASI eksklusif. Dengan dilakukannya edukasi laktasi, diharapkan pengetahuan ibu hamil dan keluarga tentang menyusui akan meningkat sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya gangguan laktasi. Studi kasus ini bertujuan untuk memberikan edukasi laktasi menggunakan metode participatory learning and action terhadap masalah defisit pengetahuan tentang menyusui pada ibu hamil. Studi kasus ini menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan pendekatan asuhan keperawatan. Berdasarkan analisis terhadap intervensi yang telah dilakukan didapatkan seluruh ibu memiliki pengetahuan tentang menyusui dengan kategori baik (100%). Setelah dilakukan implementasi selama 3 hari, didapatkan edukasi laktasi pada masa kehamilan efektif dalam meningkatkan pengetahuan tentang menyusui.

Keywords


Kehamilan; Edukasi Laktasi; Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Aditya, M., Utama, W. T., & Sari, R. D. P. (2015). Peningkatan Pengetahuan Ibu Usia Reproduktif Melalui Penyuluhan Dan Simulasi Tentang Asi Eksklusif Untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Way Kandis Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ruwa Jurai, 1(1).

Anjarsari, D. S. (2018). Pengaruh Motode Participatory Learning And Action (PLA) Pada Suami Dalam Meningkatkan Dukungan Peduli ASI Dan Breastfeeding Self Efficacy. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Darmawan, D., Alamsyah, T. P., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2).

Djamil, A., Hermawan, N., & Nyke, S. (2018). Hubungan Pelaksanaan Manajemen Laktasi Oleh Petugas Kesehatan Terhadap ASI Eksklusif Pada Ibu Menyusui. Jurnal Kesehatan, 9(1).

Indongo, N., & Mutorwa, K. (2017). The Practice of Exclusive Breastfeeding in Namibia. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 36(1).

Kurnianingtyas, R. T. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Manajemen Laktasi Terhadap Efikasi Diri Menyusui Pada Ibu Primigravida Trimester III. Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Lestari, D., Zuraida, R., & Larasati, T. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Air Susu Ibu dan Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Fajar Bulan. Medical Journal of Lampung University, 2(4).

Maryunani, A. (2015). Inisiasi Menyusui Dini, ASI Eksklusif dan Manajemen Laktasi. Trans Info Media.

Monika, F. (2014). Buku Pintar ASI dan Menyusui. Mizan Publika.

Muchtar, A. U. (2018). Pengalaman Kegagalan Ibu Dalam Pemberian ASI Eksklusif. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang.

Munaiseche, M. M., Wagey, F., & Mayulu, N. (2021). Implementasi Kebijakan Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas. Journal of Public Health and Community Medicine Community Medicine, 2(1).

Nasution, A. N. (2018). Efektifitas Pemberian Simplisia Daun Katuk Terhadap Produksi ASI Pada Ibu Post Partum Di Praktik Mandiri Bidan Afriana, A.Md.Keb. Poltekkes Kemenkes RI.

Padmawati. (2015). Manajemen Laktasi. EGC.

Tim Pokja PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI) : Definisi dan Tindakan Keperawatan. PPNI.

Walyani, E. S. (2017). Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Pustaka Baru Press.


Article Metrics

Abstract view : 174 times
PDF - 87 times

DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v4i3.11215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hendro Apriyanto, Diena Juliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]