Penurunan nyeri saat kanulasi (inlet femure) pasien hemodialisa menggunakan kompres dingin

Sri Wahyuni(1*), Nury Sukraeny(2)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Hemodialisis adalah pilihan utama pada pasien penyakit ginjal kronis untuk menunjang kehidpan yang membutuhkan akses vaskular atau akses femoral akan menyebabkan timbul rasa nyeri. Nyeri tersebut jika tidak teratasi bisa menyebabkan perubahan hemodinamik pada pada pasien hd seperti tensi naik dan terjadi takikardi. Tujuan studi kasus ini adalah untuk mengetahui efektifitas kompres dingin untuk menurunkan intensitas nyeri pemasangan inlet akses femoral pada pasien yang menjalani hemodialisa. Jenis studi kasus ini adalah analisis deskriptif. Subjek dalam studi kasus ini sebanyak 3 pasien dengan mengukur intensitas nyeri selama proses hemodialisa dengan dilakukan kompres dingin selama 3 menit setiap jam selama intradialisis dan menggunakan instrument numerical pain rating scale untuk mengukur tingkat nyeri. Nyeri yang dialami pasien setelah dilakukan kompres dingin kepada ketiga pasien tersebut mengalami penurunan tingkat skala nyeri dengan rata rata nilainya 2,3. Kompres dingin dapat diterapkan pada pasien yang menjalani hemodialisa sebagai tindakan nonfarmakologis untuk menurunkan intensitas nyeri pemasangan inlet akses femoral.


Keywords


Penyakit ginjal kronis; Hemodialisa; kompres dingin

Full Text:

PDF

References


Afifi (2021). Efektifitas kompres dingin dan teknik relaksasi nafas dalam untuk skala nyeri pasien saat kanulasi (inlet akses femoral) di Unit Hemodialisa RSUD Cilacap. Jurnal kesehatan Al-Irsyad vol 14.

Arifianto, D. (2015) ‘Tingkat Nyeri Penderita Gagal Ginjal Saat Kanulasi Hemodialisa’, Jurnal Ilmu Kesehatan (JIK), Vol VIII(No. 2).

Astutik, S. P., & Yanto, A. (2023). Manajemen nyeri pada pasien cephalgia menggunakan terapi relaksasi otot progresif. Ners Muda, 4(1), 1–7.

Darmadi, S., & Armiyati, Y. (2019). Murottal and clasical music therapy reducing pra cardiac chateterization anxiety. South East Asia Nursing Research, 1(2), 52.

Bahrudin (2018). Patofisiologi nyeri. Saintika medika: jurnal Ilmu kesehatan dan kedokteran keluarga.

Kristanto, A. and Arofiati, F. (2016) ‘Efektifitas Penggunaan Cold Pack Dibandingkan Relaksasi Nafas Dalam untuk Mengatasi Nyeri Pasca Open Reduction Internal Fixation (ORIF)’, Indonesian Journal of Nursing Practice, Vol. 1.

Nursalam, (2020). Konsep dan penerapan metodolohi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Pranowo, S., Prasetyo, A., & Handayani, N. (2016). Pengaruh kompres dingin terhadap penurunan nyeri pasien saat kanulasi (inlet akses femoral) hemodialisis. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 50-60

Potter, P. A. et al. (2013) Fundamentals of nursing. 8th ed. St. Louis, Missouri: Elsevier Mosby.

Pranowo, S., Prasetyo, A. and Handayani, N. (2016) ‘Pengaruh Kompres Dingin terhadap Respon Nyeri Saat Kanulasi (inlet akses femoral) Hemodialisis di RSUD Cilacap’, Jurnal Kesehatan AlIrsyad (JKA), Vol. IX.

Revianti, I. D., & Yanto, A. (2021). Teknik Akupresur Titik Hegu (LI4) Menurunkan Intensitas Nyeri Dismenore Pada Remaja. Holistic Nursing Care Approach, 1(1), 39.

Sanusi, S. (2015) ‘Perbandingan Efek Kompres Hangat dengan Kompres Dingin Terhadap Intensitas Nyeri Saat Insersi Jarum Pada Pasien Gagal Ginjal Yang Menjalani Hemodialisis Rutin di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung’, Jurnal Keperawatan ‘Aisyiyah (JKA), Volume 2(No.1).

Setyawati, D., Sukraeny, N., & Khoiriyah, K. (2018). Kompres Dingin Pada Vertebra (Lumbal) Terhadap Skala Nyeri Pasien Post Operasi. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 1).

Smeltzer, S. C. and Bare, B. G. (2017) Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah Brunner & Suddarth. 12th edn. Jakarta: EGC.

Tim Pokja PPNI.(2016). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia. Jakarta

Tim Pokja PPNI. (2016). Standar luaran Keperawatan Indonesia. Jakarta

Tim Pokja PPNI (2016). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 84 times

DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v4i3.11939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Wahyuni, Nury Sukraeny

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]