Efektifitas terapi bermain puzzle dalam menurunkan kecemasan anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi
(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Hospitalisasi dapat menjadi faktor stress yang menimbulkan kecemasan pada anak karena menganggap dirinya kehilangan lingkungan yang aman dan hal tersebut dapat menghambat proses penyembuhan anak. Maka dari itu anak perlu mengalihkan rasa takut dan cemas sebagai koping dalam menghadapi cemas, salah satu terapi bermain yang sesuai dengan anak usia prasekolah adalah bermain Puzzle. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas terapi bermain dalam menurunkan kecemasan anak akibat hospitalisasi. Studi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan asuhan keperawatan. Responden dalam studi kasus ini sejumlah 2 anak yang mengalami kecemasan ketika sedang hospitalisasi, dilakukan selama 3 hari durasi waktu 10-15 menit dengan langkah pretest – terapi bermain – posttest disetiap pertemuan. Menggunakan alat ukur Facial Image Scale (FIS). Berdasarkan studi kasus didapatkan bahwa terapi bermain puzzle menunjukkan penurunan kecemasan pada responden 1 dari tingkat kecemasan sedang ke tingkat kecemasan tidak cemas dan pada responden 2 dari tingkat kecemasan berat mengalami penurunan ke tingkat kecemasan ringan. Berdasarkan hasil studi kasus ini menunjukkan bahwa penerapan terapi bermain puzzle efektif dalam mengurangi kecemasan anak akibat hospitalisasi. Diharapkan dapat menjadi referensi terapi non-farmakologi yang diterapkan pada anak yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyah, H., & Rusmariana, A. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi. 377–384.
Anisha, N. (2022). Penerapan Terapi Bermain Puzzle Untuk Mengatasi Tingkat Kecemasan Pada Anak Hospitalisasi. 10, 624–629.
Delvecchio, E., Salcuni, S., Lis, A., Germani, A., & Riso, D. Di. (2019). Hospitalized Children : Anxiety, Coping Strategies, and Pretend Play. 7(September), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpubh.2019.00250
Faidah, N., & Marchelina, T. (2022). Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah Yang Dirawat Di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. 218–228.
Fransiska, D., Alvianda, V. W., & Rasiani, A. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah pada Saat Hospitalisasi di Ruang Anak Rs Bhayangkara Sartika Asih. 13.
Friedrichsdorf, S. J., & Goubert, L. (2020). Pediatric pain treatment and prevention for hospitalized children. 5, 1–13.
Godino, M. J., Martos-Cabrera, M. B., & Suleiman-Martos, N. (2020). Play Therapy as an Intervention in Hospitalized Children : A Systematic Review. 1–12.
Haryono, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Usia 3-6 Tahun. 1(20), 5–11.
Islaeli, I., Yati, M., & Fadmi, F. R. (2020). The effect of play puzzle therapy on anxiety of children on preschooler in Kota Kendari hospital ଝ. Enfermería Clínica, 30, 103–105. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.11.032
Jaya, K. (2018). Keperawatan Jiwa. Binarupa Aksara.
Khoerunnisa, S. R., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. 4(2), 49–58. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.279
Lestari, E. N. E., Munir, Z., & Rahman, H. F. (2022). Pengaruh Penerapan Family Centered Care Terhadap Kejadian Trauma Pemasangan Infuse Pada Anak. 4(November), 1159–1168.
Mulhayati, N., Suryani, M., & Yesayas, O. (2022). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Hospitalisasi. 3(November), 93–100.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (5th ed.). Salemba Medika.
Nurwulansari, Ashar, M. U., Huriati, & Syarif, S. (2019). The Effect of Constructive Play Therapy on Anxiety Levels of Preschool Children Due to Hospitalization. 72–78.
Ode, W., Zoahira, A., Purnamasari, A., & Waluya, U. M. (2022). Play Therapy Training Of Arranging Puzzles For Nurses To Complete Anxiety In Pre-School Children In The Children ’ s Care Room , Abunawas Hospital, Kendari. 1(1), 1–4.
Oktaviyani, R. D., & Suri, O. I. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah. 2, 112–116.
Padila, Yanti, L., Pratiwi, B. A., & Angraini, W. (2020). Touch, Talk dan Skill Play Terhadap Penurunan Kecemasan Anak Pre-School. 2, 64–72.
Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Balitbang Kemenkes RI.
Romito, B., Jewell, J., & Jackson, M. (2021). Child Life Services. 147(1), 1–10. https://doi.org/10.1542/peds.2020-040261
Rosiana. (2022). Terapi Bermain Puzzle Dalam Menurunkan Ansietas Pada Anak yang Dihospitalisasi dengan Kejang Demam. 7(2), 89–104.
Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain di Rumah Sakit: Penerapan Terapi Bermain Anak Sakit; Proses, Manfaat dan Pelaksanaannya. Forum Ilmiah kesehatan (FORIKES).
SDKI, T. P. S. D. P. (2018). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI). PersatuanPerawat Indonesia.
SIKI, T. P. S. D. P. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI) (1st ed.). Persatuan Perawat Indonesia.
SLKI, T. P. S. D. P. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI) (1st ed.). Persatuan Perawat Indonesia.
Widiyanti, W. (2023). An Overview of the Anxiety Level of Preschool Children Based on the Frequency of Hospitalization in the Children’s Room of the II.Prof.Dr.J.A Latumeten Ambon Children’s Hospital. 2(1).
Yuli, A., & Mariyam. (2022). The Overview Of Preschool Age Child Reaction Against Hospitality Stressor.
Yulianto, A., Idayati, & Sari, S. A. (2021). Play (Puzzle) Against Pre-School Age Children Who Are Hospitalized. 6.
Yusuf, A., Fitryasari, R., & Nihayati, H. E. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Salemba Medika.
Article Metrics
Abstract view : 1048 timesPDF - 218 times
DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v5i1.13987
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Millenia Siska Ayu Fibiyanti, Desi Ariyana Rahayu, Eni Hidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]