Pengaruh Teknik Kombinasi Menghardik Dengan Zikir Terhadap Penurunan Halusinasi

Slamet Wiwi Jayanti(1*), Mohammad Fatkhul Mubin(2)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Halusinasi merupakan distorsi persepsi palsu yang terjadi pada respon neurobiologis maladaptif. Klien sebenarnya mengalami distorsi sensori, namun meresponsnya sebagai hal yang nyata. Dalam islam zikir salah satu ibadah yang merupakan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui penyebutan terus menerus sehingga selalu ingat kepada sang pencipta. Terapi zikir bukan dilakukan sebatas peribadatan kepada sang pencipta melainkan sebuah aktivitas yang dapat digunakan sebagai pisikotrapi, karena dengan zikir hati akan menjadi tentram, tenang dan mudah mengendalikan diri. Tujuan dari penerapan ini untuk menurunkan tingkat Halusinasi dengan cara kombinasi menghardik dengan zikir. Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam studi kasus ini yaitu semua pasien halusinasi di ruang Arimbi RSJD amino Gondhohutomo Semarang. Jumlah responden dalam studi kasus ini berjumlah 2 responden. Dilakukan pada bulan Februari 2020. Alat pengumpulan data dengan cara pengkajian dan pemantauan tingkat Halusinasi dengan skala AHRS. Menunjukkan bahwa preetest pasien pertama dan kedua menunjukkan tingkat halusinasi yang tinggi rata-rata nilai skor 3-4. Sedangkan hasil postest pada pasien halusinasi telah dilakukan tindakan menghardik dengan zikir menunjukkaan penurunan pada kedua pasien yaitu rata-rata nilai skor 0-1. Hasil studi menunjukkan adanya penurunan tingkat halusinasi setelah dilakukan teknik kombinasi menghardik dengan zikir.


Keywords


Halusinasi; Menghardik; Zikir

Full Text:

PDF

References


Al-Sakandari, Ibnu Athaillah. (2013). Zikir Penentram Hati. Jakarta: Zaman.

Damaiyanti, M., & Iskandar. (2012). Asuhan Keperawatan Jiwa. Bandung: Refika Aditama.

Emulyani., & Herlambang, (2020). Pengaruh Terapi Zikir Terhadap Penurunan Tanda Dan Gejala Halusinasi Pada Pasien Halusinasi. Jurnal Kesehatan. Juni 2020. Vol, 9, No, 1. Hal 17-25.

Fadly, M., Keliat, B. A., (2017). Relationship Between Spiritusl Well-Being And Hallucinations In Patients With Schizophrenia In A Mental Health Hospital.Ui Proceedings On Health Annd Medicine. 2017. Vol, 3

Fananda, M. (2012). Penerapan Perawat Dalam Terapi Pisikoreligius Untuk Meurunkan Tingkat Stres Pada Pasien Halusinasi Pendengaran. Jurnal Keperawatan. 2012.

Hidayati, W. C., Rochmawati, D. H., & Targunawan. (2014). Pengaruh Terapi Religius Zikir Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengontrol Halusinasi Pada Pasien Halusinasi Di RSJD Amino Ghondhohutomo Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan. 2014.

Jenner. J. A,.& Willige, V. D. (2002). University Medical Center. Groningen: University Center For Psychiatry.

Keliat, Budi Anna., (2011). Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas CMHN (Basic Crouse), Jakarta: EGC

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, (2018). Situsi Kesehatan Jiwa Di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.

Nida, Fatma, L. K., (2014). Zikir Sebagai Pisikoterapi Dalam Gangguan Kecemasan Bagi Lansia Konseling Religi. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Juni 2014. Vol. 5, No. 1.

Nurlaili., Nurdin, A. E., & Putri, D. E. (2019). Pengaruh Teknik Distraksi Menghardik Dengan Spiritual Terhadap Halusinasi Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Aceh. Jurnal Keperawatan. September 2019. Vol, 11. No, 3. Hal 177-190.

Saefullah, Aris. (2012). Terapi Zikir Jam’ati Di Desa Luwoo dan Tenggela Kabupaten Gorontalo. Jurnal Al Ulum. 2012. Vol, 12, No, 1.

Stuart, G. W., Keliat, B. A., & Pasaribu, J. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa, Singapore: Elsevier.

WHO. (2017). Report Of The World Health Organization Schizophrenia.


Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 4 times

DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v2i1.6227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Slamet wiwi jayanti, Mohammad Fatkhul Mubin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

University of Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: nersmuda@unimus.ac.id