Pemberian Pijat Marmet Dan Oksitosin Untuk Meningkatkan Produksi ASI Pada Asuhan Keperawatan Ibu Post Partum dengan Sectio Caesarea

Septiani Rinti Selistiyaningtyas(1*), Pawestri Pawestri(2)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Air susu ibu (ASI) memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan berat badan bayi. Produksi ASI yang tidak ade kuat menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan bayi dan kegagalan pemberian ASI eksklusif. Tujuan studi kasus ini adalah untuk mengetahui peningkatan produksi ASI ibu post partum sectio caesarea setelah dilakukan pijat marmet dan oksitosin. Studi kasus ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan asuhan keperawatan. Subjek studi ini adalah ibu post partum sectio caesarea berjumlah 3 orang yang didapatkan secara amlidental. Hasil studi kasus ini menunjukan setelah dilakukan implementasi pijat marmet dan oksitosin selama 3 hari didapatkan adanya peningkatan jumlah produksi ASI dengan rerata 1,167 ml. Kombinasi pijat marmet dan oksitosin dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu post partum sehingga dapat dilakukan oleh perawat untuk membantu ibu post partum dalam meningkatkan produksi ASI. Rekomendasi dari studi kasus ini sebaiknya pemijatan dilakukan selama proses menyusui agar produksi ASI yang keluar dapat meningkat.

Keywords


Pijat Marmet; Oksitosin; Produksi ASI

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, F. P. (2019). Hubungan Intensitas Nyeri Dengan Produksi ASI Pada Ibu Post Sectio Caesarea di Rumah Sakit "Aisyiyah Muntilan. Universitas Muhammadiyah Magrlang , 50-62.

Darmasari, S., Putri, E., & Rahmadaniah, I. (2019). Effectiveness of The Combination of Marmet Technique and Oxytocin Massage Against The Breast Milk Production of Mother Postpartum. JKK, Vol. 6, No. 3 , 110-114.

Hardiani, R. S. (2017). Status Paritas dan Pekerjaan Ibu Terhadap Pengeluaran ASI pada Ibu Menyusui 0-6 Bulan. NurseLine Jurnal Vol. 2 No. 1 , 44-51.

Italia, & Yanti, M. S. (2019). Pegaruh pijat Oksitosin Terhadap Prduksi ASI pada Ibu Post Partum Di BPM Meli R. Palembang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan dan Pembangunan, Vol. 9, No. 17 , 37-46.

Jauhari, I., Fitriani, R., & Bustami. (2018). Perlindungan Hak Anak Terhadap Pemberian Air Susu Ibu (ASI). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Lieni, L., Nurul W, M., & Admini. (2018). Peningkatan Pengeluaran Asi Dengan Kombinasi Pijat Oksitosin Dan Teknik Marmet Pada Ibu Post Partum (Literatur Review). Jurnal Kebidanan Vol. 8 No.2 .

Machmudah, & Khayati, N. (2016). Kombinasi Pijat Oketani dan Oksitosin terhadap Parameter Prosuksi ASI pada Ibu Post Seksio Sesarea di Rumah Sakit Wilayah Kota Semarang . Jurnal Kesehatan .

Machmudah, & Khayati, N. (2016). Produksi ASI Ibu Post Seksio Sesarea yang Dilakukan Pijat Oketani dan Oksitosin. Jurna Kesehatan .

Monika, F. B. (2014). Buku Pintar ASI dan Menyusui . Jakarta: Noura Books.

Nabilah, T. J. (2018). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Ibu dalam Memperlancar Produksi ASI Berbasis Precede Proceed Model. Perpustakaan Universitas Airlangga .

Pangestu, S., Wulandari, & Achmad. (2017). Pengaruh Teknik Marmet Dan Pijat Oksitosin Terhadap Produksi Asi Ibu Post Partum Normal Di Rumah Bersalin Mardi Rahayu Semarang. Stikes Tlogorero Volume 6 .

PPNI, T. P. (2017). Standar Diagnosis Keprawatan Indonesia (Definisi dan Indikator Diagnostik). Jakarta: DPP PPNI.

PPNI, T. P. (2018). Standar intervensi Keperawatan Indonesia (Definisi dan Tindakan Keperawatan). Jakarta: DPP PPNI.

Sakti, E. S. (2018). Menyusui Sebagai Dasar Kehidupan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Sholihah, A. M. (2017). Penerapan Teknik Marmet Dan Pijat Oksitosin Dengan Minyak Lavender Untuk Meningkatkan Produksi Asi Ibu Post Partum Di Bpm Hj. N. Lusi Sumartini, S.St Kedawung. Stikes Muhammadiyah Gombong .

Soleha, S. N., Sucipto, E., & Izah, N. (2019). Pengaruh Perawatan Payudara Terhadap Produksi ASI Ibu Nifas. 9Jurnal Ilmiah Kebidanan Vol. 6 No.2 , 98-106.

Sulaeman, R., Lina, P., Masadah, & Purnamawati, D. (2019). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Pengeluaran ASI pada Ibu Postpartum Primipara. Jurnal Kesehatan Prima, Vol. 13, No. 1 , 10-17.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia Definisi dan Indikator Diagnostik. Jakarta: DPP PPNI.

Widiastuti, A., Arifah, S., & Rachmawati, R. (2015). Pengaruh Teknik Marmet Terhadap Kelancaran Air Susu Ibu dan Kenaikan Berat Badan Bayi. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 9 No.4 , 315-319.

Wiji, R. N. (2013). Asi dan Pedoman Ibu Menyusui. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wulandari, N. F. (2020). Happy Eksklusive Breastfeeding. Yogyakarta: Laksana.

Yolanda, D. (2016). Perbedaan Produksi ASI sebelum-Sesudah dilakukan kombinasi Breast Care dan Teknik Marmet Pada Ibu Post SC. 'Afiyah Vol. 3 No. 2 , 16-21.


Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 3 times

DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v2i1.6228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Septiani Rinti Selistiyaningtyas, Pawestri Pawestri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

University of Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: nersmuda@unimus.ac.id