Penerapan kompres air hangat untuk menurunkan suhu tubuh pada anak dengan demam typhoid

Rahmalia Maharningtyas(1*), Dewi Setyawati(2)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Typhoid merupakan infeksi sistemik yang disebabkan oleh Salmonella enterica serovar typhi (S typhi). Hipertermi atau demam adalah keadaan dimana seorang individu mengalami peningkatan suhu tubuh di atas 37,8oC peroral atau 38,8oC per rektal karena faktor eksternal. Demam pada anak biasanya perawat melakukan tindakan salah satunya yaitu dengan kompres air hangat. Tujuannya untuk mengetahui penurunan suhu tubuh dengan pemberian kompres air hangat. Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif dengan mengaplikasikan kompres air hangat selama 15 menit pada daerah pembuluh darah besar seperti axila. Sampel yang diambil 2 orang dan dikelola secara bertahap dan teratur. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta peran aktif dalam pemberian asuhan keperawatan. Alat yang digunakan adalah thermometer dan alat tulis. Setelah dilakukan tindakan kompres air hangat kepada 2 pasien selama 3 hari mendapatkan hasil bahwa suhu tubuh responden mengalami penurunan hingga mencapai normal. Kompres air hangat mampu menurunkan suhu tubuh pada anak dengan demam typhoid.


Keywords


Demam typhoid; hipertermi; kompres air hangat

Full Text:

PDF

References


Afrah, Rana Ashshafa Nur. (2017). Pengaruh Tepid Spone Terhadap Perubahan Suhu Tubuh Anak Usia Pra Sekolah Dan Sekolah Yang Mengalami Demam Di RSUD Sultan Mohammad Alkadrie Kota Pontianak. Jurnal Proners. 3.1.

Anisa Kurnia, D. (2019). Efektifitas Kompres Hangat Untuk Menurunkan Suhu Tubuh Pada An.D Dengan Hipertermia. Jurnal ilmiah ilmu kesehatan: wawasan kesehatan. 5.2.

Copernito, L.J. (2001). Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Edisi 8 Jakarta : EGC

Dinas Kesehatan Kota Semarang. (2017). Profil Kesehatan Kota Semarang Tahun 2016. Semarang: Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Fatmawati, M. (2012). Efektifitas Kompres Hangat Dalam Menurunkan Demam Pada Pasien Typoid Abdominalis Di Ruang G1 Lt.2 RSUD Prof. Dr.H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Jurnal Ners. Vol 5.http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/J HS/article/view/931.

Hartanto, S, (2004). Anak Demam Perlu Kompres. www. Bali Post.Co. id. Minggu Umanis. 7 September 2003.

Hartini, S. (2015). Efektifitas KompresAir Hangat Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak Demam Usia 1 - 3 Tahun Di SMC RS Telogorejo Semarang.

Kozier, Barbara, dkk. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik, Edisi 7, Volume 1. Jakarta: EGC.

Purwanti & Ambarwati, (2008). Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Perubahan SuhuTubuh Pada Pasien Anak Hipertermia Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Moewardi Surakarta.Vol. 1. No. 2 hal: 81-86.

Sorena, E. (2019). Efektifitas Pemberian Kompres Hangat Terhadap Suhu Tubuh Pada Anak Dengan Peningkatan Suhu Tubuh Di Ruang Edelweis Rsud Dr. M. Yunus Bengkulu. Universitas Bengkulu: Bengkulu. Indonesia.

Sujana, (2002). Metode Statistika, Tarsito, Bandung, Polit, D,F,T Hungler, B, D, 1999. Nursing Research.

Swasanti, N. (2013). Pertolongan Pertama Pada Anak Sakit . Yogyakarta: KATAHATI.

Tri Redjeki, H. (2002). Perbandingan Pengaruh Kompres Hangat dan kompres Dingin untuk menurunkan Suhu Anak Demam dengan Infeksi di RSU Tidar Magelang. Skripsi FK. UGM

Utami, S. (2013).Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak .Ed.2. Jakarta: Salemba Medika.

Wowor, M. S. (2017). Efektifitas Kompres Air Suhu Hangat Dengan Kompres Plester Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak Demam Usia PraSekolah Di Ruang Anak RS Bethesda Gmim Tomohon. eJournal Keperawatan . Vol 5.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.p hp/jkp/article/view/17872/17393


Article Metrics

Abstract view : 4496 times
PDF - 999 times

DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v3i2.6260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahmalia Maharningtyas, Dewi Setyawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]