Perawatan Metode Kanguru Meningkatan Suhu Tubuh Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah

Fenny Dwi Kurniasih(1*), Heryanto Adi Nugroho(2), Arief Shofyan Baidhowy(3)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Berat badan lahir berat badan kurang dari 2500 gram yang mempunyai kontribusi terhadap kematian bayi khususnya pada masa perinatal, salah satu intervensi yang dapat dilakukan dengan metode kanguru, metode ini dapat membuat suhu tubuh bayi menjadi stabil karena bayi yang berada di dalam perawatan metode kanguru akan merasa seperti ada dalam rahim ibunya, selain itu perawatan metode kanguru ditujukan untuk membantu mempercepat proses peningkatan suhu tubuh bayi serta dapat menstabilkan suhu tubuh pada bayi yang mengalami berat badan lahir rendah. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus asuhan keperawatan menggunakan rancangan pre and post test yang dilakukan pada 2 responden. Sebelum diberikan metode kanguru responden 1 dan responden 2 mengalami berat badan rendah yang diukur dengan menggunakan lembar observasi selama 3 hari sedangkan setelah diberikan meode kanguru responden 1 dan responden 2  mengalami kenaikan berat badan yang diukur dengan menggunakan lembar observasi selama 3 hari ditandai dengan berat badan normal. Terapi perawatan metode kanguru mampu meningkatkan suhu tubuh pada bayi dengan berat badan lahir rendah di ruang perinatologi Rumah Sakit K.R.M.T Wongsonegoro Semarang.


Keywords


berat badan lahir rendah; metode kanguru; peningkatan suhu tubuh

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. A. (2019). Perawatan Metode Kangguru. In Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Volume 4 Nomor 2 (pp. 76-78). Yogyakarta: STIKES Aisyiah.

Hokbenberry, M., & Wilson, D. (2019). Wong's nursing care of infants and children, ten edition. USA: Elsevier.

Markum, A. H. (2020). Ilmu Kesehatan Anak. Pengaruh Perawatan Metode Kangguru Terhadap Perubahan Suhu Tubuh Pada BBLR.

Maryunani, A. (2017). Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Maryunani, A., & Eka, P. (2020). Asuhan Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Trans Info Media.

Mustya, M. (2017). Kangaroo Mother Care, Suhu Tubuh BBLR. Pengaruh Metode KMC Terhadap Suhu Tubuh Berat Badan Lhir Rendah.

Nurhayati, I., & Wulandari, D. K. (2020). Perbedaan Efektifitas Terapi Sentuhan dan Perawatan Metode Kanguru Terhadap Peningkatan Suhu Tubuh Bayi Berat Lahir Rendah. Jurnal Skala Kesehatan, Volume 11, Nomor 2.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2017). Proses Perubahan Suhu Tubuh. In Fundamental Keperawatan (p. Edisi 7 Buku 2). Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Proverawati, A., & Ismawati, C. (2018). Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Yogyakarta: Nuha Medika.

Rahardjo, S. (2016, Juni). Metode Kanggu Sebagai Pengganti Inkubator Untuk Bayi Berat Badan Lahir Rendah. Sari Pediatri, pp. 29-35.

Riskesdas Provinsi Jawa Tengah. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018 Kesehatan.

Sari, M. B., Wardani, A. R., & Arismawati, D. F. (2018). The effect of touch therapy on body temperature in newborns care method to change of body temperature in lbw (low body weight). BABIES Dian Husada Institute of Health Science Mojokerjo Introduction : Low Birth Weigh Babies (LBW) are babies withbirth weight less than 2500 grams reg. International Journal of Nursing and Midwifery Scrience, 2(2), 131-136.

Sistriani, C. (2016). Faktor Maternal dan Kualitas Pelayanan Antenatal yang Beresiko Terhadap Kejadian Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) Studi pada Ibu yang Periksa Hamil Ke Tenaga Kesehatan dan Melahirkan di RSUD Banyumas . Semarang: Universitas Diponegoro.

Supiati. (2019). Karakteristik Ibu kaitannya dengan Kejadian Bayi Berat Lahir Rendah. Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional, 1(1) : 1-99.

Suradi, R., & Yanuarso, B. P. (2018, 30 April - 02 Mei 2018). Metode Kangguru Sebagai Pengganti Inkubator Untuk Bayi Berat Badan Lahir Rendah. Disampaikan Pada Pelatihan Metode Kangguru di FIK-UI, Perinasia, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 1237 times
PDF - 193 times

DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v3i3.6307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fenny Dwi Kurniasih, Heryanto Adi Nugroho, Arief Shofyan Baidhowy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]