Terapi spiritual emotional freedom technique (SEFT) terhadap tekanan darah pada lansia hipertensi

Tri Aji Rachmanto(1*), Vivi Yosafianti Pohan(2)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Hipertensi adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya tekanan darah arteri yang meningkat dan membuat kerja jantung akan lebih berat dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Terapi SEFT merupakan penggabungan dari sistem energi tubuh dan spiritualitas dalam kalimat doa dengan menggunakan metode ketukan di 18 titik meridian tubuh yang merangsang dan mengaktifkan 12 jalur energi tubuh sehingga menimbulkan relaksasi pada tubuh. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui penurunan tekanan darah pada subjek hipertensi setelah dilakukan terapi SEFT. Metode yang digunakan desain deskriptif pendekatan asuhan keperawatan menggunakan terapi SEFT terhadap penurunan tekanan darah. Subjek kasus berjumlah 2 pasien. Pengambilan data dilakukan selama 3 kali pertemuan menggunakan alat sfigmomanometer digital sebelum dan sesudah terapi SEFT. Hasil pengkajian menunjukan kedua subjek studi memiliki jenis kelamin yang sama yaitu perempuan. Subjek studi kasus 1 berumur 59 tahun dan subjek studi kasus 2 berumur 54 tahun. Hasil studi kasus menunjukan penurunan tekanan darah setelah dilakukan terapi SEFT. Subjek studi kasus 1 dan 2 secara keseluruhan mengalami rata-rata penurunan tekanan darah sistolik 11,45 mmHg dan diastolik 6,95 mmHg. Terapi SEFT mampu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi.


Keywords


Hipertensi; Spiritual Emotional Freedom Technique

Full Text:

PDF

References


Agoes, H. A. (2011). Penyakit diusia tua. EGC.

Arnita, L. N., & Nurlaily, A. P. (2020). Asuhan keperawatan pada pasien hipertensi dalam pemenuhan kebutuhan aman dan nyaman. Jurnal Keperawatan, 1, 4–5.

Azaria, A. D., & Pujiastuti, D. (2017). Studi komparatif masase punggung dan akupresur terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi di rw 08 kelurahan kricak kecamatan tegalrejo yogyakarta 2017. 1–8.

Huda, S., & Alvita, G. W. (2018). Pengaruh terapi seft (spiritual emotional freedom technique) terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di wilahah Puskesmas. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus, 7.

Irfan, & Nekada. (2018). Pengaruh Terapi Napas Dalam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Unit Abiyoso. Keperawatan Respati Yogyakarta, 5(2), 354–359.

Maryatun, S. (2017). Aplikasi model supportif pada intervensi spiritual emotional freedom technique SEFT) terhadap perubahan tekanan darah pada lansia hipertensi di Panti Werdha Teratai. Departemen Keperawatan Jiwa Program Studi Ilmu Keperawatan FK UNSRI.

Rikesdas. (2013). Riset kesehatan dasar tahun 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Sari, Y. N. I. (2017). Berdamai dengan hipertensi. Tim Bumi Medika.

Sartika, I., & Supayitno, E. (2018). Pengaruh Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Dusun Sawahan, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta.

Smeltzer, S. C. (2014). Keperawatan medikal bedah (handbook for brunner & suddarth’s textbook of medical-surical nursing) edisi 12. diterjemahkan oleh dev yulianti & amelia Kimin. EGC.

Sri Nur Hartiningsih, Eka Oktavianto, A. N. H. (2021). Terapi Relaksasi Nafas Dalam Berpengaruh Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan, 13(1), 123–128.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2017a). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia Definisi dan Indikator Diagnostik (1st ed.). Dewan Pengurus Pusat PPNI.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2017b). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (1st ed.). Dewan Pengurus Pusat PPNI.

Udjianti, W, J. (2011). Keperawatan kardiovaskuler. Salemba Medika.


Article Metrics

Abstract view : 2706 times
PDF - 429 times

DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v2i3.8496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Aji Rachmanto, Vivi Yosafianti Pohan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]