EFEKTIFITAS TERAPI BEKAM DAN PIJAT REFLEKSI KAKI TERHADAP TEKANAN DARAH DI SEMARANG

Eka Etik Putri(1*), Hermeksi Rahayu(2), Arista A Putri(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: hipertensi merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia dimana dalam kondisi medis terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis. Tekanan darah yang terlalu tinggi adalah salah satu faktor resiko stroke,serang an jantung dan penyebab utama gagal jantung kronis. Salah satu terapi komplementer yang dilakukan untuk menurunkan hipertensi yaitu terapi bekam dan refleksi kaki. Terapi bekam dapat memperbaiki mikrosirkulasi pembuluh darah dan vasodilatasi secara umum sehingga akan menurunkan tekanan darah, sedangkan refleksi kaki akan memberikan rangsangan yang mampu memperlancar aliran darah.
Metode: penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimental (eksperimen semu) sedangkan design penelitian adalah pre experimental design dengan jenis two group pre test - post test design.
Hasil: Hasil penelitian diperoleh untuk tekanan darah sistol pada uji Mann-Whitney Test diketahui p-value 0,002, Dimana nilai P <  (0,05). Untuk tekanan darah diastol menunjukkan nilai p-value 0,218, Dimana nilai P> (0,05).
Simpulan: ada perbedaan efektifitas penurunan tekanan darah sistol, tetapi tidak efektif untuk penurunan darah  diastol. Menunjukkan bahwa terapi refleksi dan bekam lebih efektif menurunkan tekanan darah dibandingkan hanya melakukan terapi refleksi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2986 times
PDF - 303 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id