KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENERAPAN KEWASPADAAN UNIVERSAL DI RUMAH SAKIT DOKTER KARIADI SEMARANG TAHUN 2013

Nurkhasanah -(1*), Untung Sujianto(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kewaspadaan universal merupakan  strategi yang direkomendasikan Centers for Desease Control and Prevention sebagai upaya pencegahan infeksi dan penularan penyakit pada tenaga kesehatan. Rumah Sakit Dr. Kariadi Semarang, kepatuhan penerapan Kewaspadaan Universal/Standar  pada petugas masih belum optimal, dilaporkan adanya kasus kecelakaan tertusuk jarum suntik yang terjadi selama periode Januari sampai dengan Mei 2013  ada 7 kejadian.
Penelitian ini bertujuan untuk kepatuhan  perawat  dalam  penerapan kewaspadaan universal di RS Dr. Kariadi semarang. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah perawat pelaksana yang bekerja di ruangan yang beresiko tertular penyakit infeksi. Jumlah sampel yang digunakan 95
orang yang terdiri dari masing-masing ruang rawat inap, diambil dengan menggunakan teknik propotionate stratified random sampling. Data  dikumpulkan dengan metode kuisioner, kemudian dilakukan analisa data dengan distribusi frekuensi dan uji chi square, dengan tingkat kemaknaan p < 0.05. Pada analisa univariat didapatkan hasil : pengetahuan baik 70.5 %, pelatihan dan ketersediaan sarana baik 62.1 %, beban kerja berat 55.8 %, tingkat  kepatuhan perawat 69.5 % menyatakan patuh. Pada analisa bivariat didapatkan hasil:  hubungan pengetahuan perawat dalam penerapan KU dengan kepatuhan didapatkan p < 0.05,  hubungan pelatihan dan ketersediaan sarana didapatkan p < 0.05 dan hubungan beban kerja didapatkan p > 0.05. Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan  hubungan   antara pengetahuan dan pelatihan dan ketersediaan sarana. Sedangkan beban kerja tidak menunjukkan hubungan dalam  kepatuhan penerapan kewaspadaan  universal. Peningkatkan pengetahuan, pelatihan dan ketersediaan sarana yang lebih lengkap dalam menerapkan KU di rumah sakit perlu lebih ditingkatkan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1210 times
PDF - 688 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id