HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM PELAKSANAAN TERAPI BERMAIN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Siti Haryani(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak usia prasekolah yang dirawat di rumah sakit tetap membutuhkan kesempatan bermain supaya anak mampu bersosialisasi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan motivasi dengan kinerja perawat dalam pelaksanaan terapi bermain pada anak usia prasekolah
di ruang rawat inap anak RSUP Dr. Kariadi Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional  dengan pendekatan crossectional. Instrument menggunakan kuesioner yang dilakukan terhadap 30 responden (perawat ruang rawat inap anak). Data primer diperoleh dari angkedan melalui observasi. Data dianalisa secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden pada variable pengetahuan kategori baik (60%), sebagian besar responden memiliki motivasi tinggi (63,3%) dan kinerja baik (60%). Hasil analisis statistik didapatkan terdapahubungan antara pengetahuan dengan kinerja perawat dalam pelaksanaan terapi bermain pada anak usia prasekolah druang rawat inap anak RSUP Dr. Kariadi Semarang (p value: 0,024). Dan terdapat hubungan antara motivasi dengan kinerja perawat dalam pelaksanaan terapi bermain pada anak usia prasekolah di ruang rawat inap anak RSUP DrKariadi Semarang (p value: 0,001).
Saran bagi rumah sakit, perlu disediakan ruangan untuk bermain, pengadaan alat permainan dan menyusun standar operasional prosedur terapi bermain agar memudahkan bagi perawat anak untuk melaksanakan program terapi bermain.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 663 times
PDF - 183 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id