PERSEPSI PASIEN TENTANG HOSPITALITY TERHADAP KEPUASAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM KENDAL

Rodhiyatun -(1*), Edi Woeryanto(2), Tri Nur Hidayati(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakpuasan pasien terhadap hospitality dimana  hospitality ini bertujuan meningkatkan penerimaan pasien terhadap pelayanan rumah sakit, meningkatkan kualitas psikologi dan emosional dari pasien. Tujuan penelitian mendiskripsikan persepsi pasien tentang hospitality, mendiskripsikan tentang kepuasan pasien dan mengetahui hubungan persepsi pasien tentang hospitaliy terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Kendal.
Metode penelitian deskriptif korelasi, dengan pendekatan crossectional, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 119 responden, dengan kriteria inklusi pasien yang telah menjalani perawatan minimal 3 hari, usia lebih dari 17 tahun, mampu membaca dan menulis.
Hasil: Proses penelitian telah dilaksanakan bulan Februari-Maret 2014 di Rumah Sakit Islam Kendal, hasil penelitian menunjukkan persepsi pasien tentang hospitality adalah baik sebesar 53,8 % dan 46,2% kurang baik,  kepuasan pasien 73,9% puas dan 26,1% tidak puas dan ditemukan adanya hubungan bermakna antara persepsi pasien tentang hospitality
dengan kepuasan diruang rawat inap Rumah Sakit Islam Kendal p_value = 0,00 (p<0,05) nilai r spearman 0,578 sehingga menunjukan kekuatan hubungan sedang, dengan arah positif sehingga semakin besar persepsi pasien tentang hospitality maka kepuasan pasien akan semakin meningkat.
Saran: Berdasar hasil tersebut disarankan untuk rumah sakit lebih meningkatkan hospitality baik dari public hospitality, personal hospitality, therapeutik hospitality guna meningkatkan kepuasan pasien.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 662 times
PDF - 986 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id