HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN PENDERITA DIABETES MELITUS (DM) DALAM PENATALAKSANAAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRONDOL KECAMATAN BANYUMANIK SEMARANG

Siti Shofiyah(1*), Henni Kusuma(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Prevalensi penderita Diabetes Melitus (DM) di dunia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Penyakit ini bersifat kronis sehingga memerlukan adaptasi seumur hidup bagi penderitanya. Kepatuhan penderita DM dalam penatalaksanaan sangat penting untuk menghindari masalah penurunan derajat kesehatan. Kepatuhan penderita
dalam penatalaksanan dapat dipengaruhi oleh pengetahuan dan dukungan keluarga.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan penderita dalam penatalaksanaan DM   di wilayah kerja Puskesmas Srondol Kecamatan Banyumanik, Semarang.
Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berjenis studi deskriptif korelatif dengan menggunakan teknik crossectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari : karakteristik demografi, pengetahuan, dukungan keluarga, dan kepatuhan.
Hasil: Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa mayoritas responden berjenis kelamin wanita, pendidikan responden sebagian besar adalah SD, lebih dari setengah responden tidak bekerja, dan mayoritas memiliki upah di bawah UMR.
Hasil analisis korelatif menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kepatuhan penderita DM dengan p value 0,016 dan ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan penderita DM dengan p value 0,034.
Kesimpulan: Semakin baik pengetahuan dan dukungan keluarga yang dimiliki penderita DM maka akan meningkatkan kepatuhan penderita DM dalam melakukan penatalaksanaan DM. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian untuk membuat program intervensi keperawatan yang tepat dalam meningkatkan derajat kesehatan penderita DM.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3943 times
PDF - 2481 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id