POTENSI KECAMBAH BERAS MERAH PADA PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH DAN EFEKTIFITASNYA TERHADAP PERUBAHAN BERAT BADAN TIKUS YANG DIINDUKSI STZ-NA

Nurhidajah -(1*), Nurrahman - -(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Diabetes Mellitus (DM) adalah suatu kondisi kelainan metabolik yang ditandai olehhiperglikemia kronis dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein akibatkelainan sekresi insulin, kegiatan insulin, atau keduanya, serta perubahan yang progresifterhadap struktur histopatologi pankreas. Dampak jangka panjang dari DM yaitu disfungsi dankegagalan beberapa organ, seperti pembuluh darah, saraf, mata, ginjal (WHO. 1999).

Beras merah merupakan bahan makanan pokok yang mempunyai kandungan proteinlebih tinggi dibandingkan beras putih, disamping faktor penanganan pasca panen beras merahyang biasanya masih mengandung kulit ari (pecah kulit) yang sangat menguntungkan yangdapat menghambat risiko diabetes. Proses pengecambahan sereal seperti beras, dapatmeningkatkan nilai gizi seperti serat dan protein. Hasil penelitian tahun pertama menunjukkanpeningkatan asam amino penstimulasi sekresi insulin pada kecambah beras merah, sehinggasangat bermanfaat untuk perbaikan kondisi glikemik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi potensi kecambah beras merah padapenurunan kadar glukosa darah dan efektifitasnya terhadap perubahan berat badan tikus yangdiinduksi STZ-NA.


Keyword : Kecambah beras merah, Diabetes mellitus dan glukosa darah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id