FORMULASI DAN EVALUASI SIFAT SENSORIS VITARAL MIX

Agustin Syamsianah(1*), Herlisa Anggraini(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Vitaral Mix merupakan bahan makanan formula yang terdiri dari selada air dan bekatul beras hitam dengan perbandingan komposisi bahan tertentu. Formula tersebut diharapkan dapatmenjaga kestabilan kadar glukosa darah penderita DM.

Berdasarkan rekomendasi ADA (American Diabetes Assosiacition) dan EASD(European Association for the Study of Diabetes) bahwa jalur terapi utama penatalaksanaanhiperglikemia pada pasien DM tipe 2 adalah diet, latihan fisik, dan edukasi. Berbagai penelitiantelah dilakukan, namun masih jarang yang memanfaatkan bahan makanan yang dapatdikonsumsi sehari-hari sebagai terapi berbasis sumber nabati.  Bahan makanan yangmengandung antioksidan kuat, mudah didapat, dan harganya terjangkau yaitu sayuran selada airdan bekatul beras hitam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji daya terima vitaral mix, suatumakanan formula bersumber selada air dan bekatul beras hitam sebagai upaya preventifpencegahan terjadinya hiperglikemia pada penderita DM.

Warna, tekstur, dan aroma yang paling disukai untuk Vitaral Mix dalam bentuk serbukyaitu formula 1 (selada air) : 1 (bekatul beras hitam). Sedangkan Vitaral Mix dalam bentukminuman yang paling disukai adalah formula 1 (selada air) : 2 (bekatul beras hitam).

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran serta informasiilmiah mengenai makanan formula vitaral mix sebagai terapi diet dalam pengendalian  kadarglukosa darah pada penderita DM.  
Kata Kunci : Makanan Formula, Selada Air, Bekatul Beras Hitam


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 188 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id