SISTEM INFORMASI HARGA POKOK PROSES BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PRODUKSI

Agus Dwi Atmoko(1*), Danis Imam Bachtiar(2), Supriono -(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem Informasi Akuntansi pada masa kini memiliki peranan yang penting terhadap kemajuan sebuah organisasi termasuk pada dunia usaha. Masalah yang sering muncul pada usaha kecil dan menengah antara lain pada sistem transaksi yang masih dilakukan secara
manual yaitu dengan mengandalkan kertas untuk pengarsipan data perusahaan. Tentu  saja hal yang demikian akan mempersulit dalam pengontrolan data transaksi dan laporan keuangan yaitu Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Dalam Proses. Diperlukan suatu  sistem  aplikasi  yang  bisa  membantu mengolah data  transaksi beserta laporannya yang bisa menyajikan  informasi yang  berguna bagi  pihak yang berkepentingan untuk mengatasi masalah tersebut.  
Kenyataan yang ada saat ini masih banyak perusahaan kelas kecil menengah (UKM) yang masih melakukan proses transaksi, pencatatan keuangan dan pembuatan laporan baik laporan transaksi maupun laporan keuangan perusahaan secara manual. Peningkatan kapasitas TI merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan bagi usaha kecil dan menengah dan hal tersebut juga dapat menumbuhkembangkan roda usaha. Perkembangan TI sudah bergerak sangat cepat, baik dari sisi peranti keras (hardware) maupun peranti lunak (software) yang dapat membantu kinerja perusahaan.
Contoh kelompok dari UKM yang ada di kabupaten Kebumen adalah perusahaan genteng yang terkenal dengan merk Sokka. Sebagian besar perusahaan genteng yang ada di kabupaten Kebumen masih menggunakan sistem akuntansi secara manual. Perusahaan genteng  Merk Sokka melakukan proses produksi dengan menggunakan mesin produksi. Dimana proses produksi perusahaan genteng  Merk Sokka menghasilkan beberapa macam produk yaitu berupa jenis genteng  press yang dihasilkan dari suatu periode ke periode selalu sama.
Keberadaan sistem informasi akuntansi ini diharapkan dapat membuat pengelolaan transaksi dan keuangan perusahaan lebih baik dan akurat, serta dapat membantu para pengusaha dan para pengambil kebijakan perusahaan dalam mengelola keuangan dan mengambil kebijakan
perusahaan serta melihat kinerja perusahaan. Oleh karena itu penulis menerapkan sebuah aplikasi Sistem Informasi  Harga Pokok Proses Bagi Usaha Kecil  Dan Menengah Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Produksi menggunakan program microsoft office 2007.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id