EFEKTIFITAS TEHNIK COUNTER PRESSURE DAN ENDORPHIN MASSAGETERHADAP NYERI PERSALINAN KALA 1 PADA IBU BERSALIN DI RSUD AJIBARANG

Atun Raudotul Ma’rifah(1*), Surtiningsih -(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Nyeri persalinan adalah kondisi fisiologis yang secara umum akan dialami oleh hampir semuaibu bersalin. Rasa  nyeri  adalah manifestasi dari adanya kontraksi otot rahim. Kontraksi inilahyang menimbulkan rasa  sakit pada pinggang, daerah perut dan menjalar kearah paha. Kontraksiini menyebabkan adanya pembukaan mulut rahim (serviks). Dengan adanya pembukaan serviksinilah akan terjadi persalinan.  
Penanganan nyeri persalinan merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya dengan tehnik non farmakologi yaitu cuonter pressur dan endorphin massage. Kedua tehnik tersebutmempunyai perbedaan dalam cara ataupun tempat pemijatan sehingga mempunyai efek dansensaasi yang berbeda.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas tehnik cuonterpressur dan massage endorphin dalam mengatasai nyeri persalinan.  
Metode penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dengan desain pret and posttest designdengan menggunakan sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 responden terbagi menjadi 2kelompok, 11 responden dilakukan  tehnik counter pressure, 11 responden menggunakanendorphine massage, analisa data menggunakan uji t. 
Berdasarkan hasil penelitian  keduan teknik efektif menurunkan nyeri namun jika dilihat rataratapenurunannyeri pada pada teknik counter pressure adalah 2,364 lebih besar dibandingkanrata-rata penurunan nyeri  pada teknik endorphin massage yaitu  2,273 . Dari hasil uji  tdidapatkan pula teknik counter pressure hasilnya lebih besar yaitu 8,480  dibandingkan pada teknik endorphin massage yaitu 8,333 sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik counterpressure lebih efektif dibandingkan teknik endorphin massage.Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada perawat atau bidan agar dapat membantu memenuhi kebutuhan ibu akanrasa nyaman dalam pengontrolan nyeri saat memberikan pertolongan.
Kata Kunci :  Counter Pressure, Massage endorphin, Nyeri persalinan kala 1

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4064 times
PDF - 7558 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id