PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK REBUNG BAMBU APUS TERHADAP PROPORSI KENAIKAN BERAT BADAN TIKUS PUTIH

Edi Soesanto(1*), Tulus Ariyadi(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kasus penyakit jantung koroner semakin sering ditemukan karena pesatnya perubahan gaya hidup.  Angka kesakitan/kematiannya terlihat cenderung meningkat. Faktor yang mungkin menjadi penyebab terjadinya peningkatan kasus arterosklerosis  adalah gaya hidup (life style); diantaranya dari pola makan yang tidak  sehat. Pola makan tidak  sehat meliputi antara lain diet tinggi lemak dan karbohidrat,  makanan dengan kandungan garam sodium yang tinggi, rendahnya konsumsi makanan mengandung serat.  Salah satu tanaman yang mempunyai kandungan serat yang baik, bersifat hipolipidemia dan menghambat proses terjadinya obesitas  adalah rebung (shoot bamboo).  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh pemberian ekstrak rebung bambu apus dengan proporsi kenaikan berat badan  tikus putih (rattus norvegicus strain wistar) jantan.

Penelitian ini adalah eksperimental dengan desain pretest-posttest control group . Sampel yang digunakan adalah tikus putih (rattus norvegicus strain wistar) jantan  sebanyak 25 ekor, dibagi menjadi 5 kelompok secara acak, K1 : kelompok kontrol negatif yang diberi pakan standart, K2: kelompok kontrol positif yang diberi pakan aterogenik, K3: kelompok perlakuan yang diberi pakan aterogenik dan ekstrak rebung bambu apus sebanyak 20 mg/tikus/hari, K4: kelompok perlakuan yang diberi pakan aterogenik dan ekstrak rebung bambu apus sebanyak 100 mg/tikus/hari, K5: kelompok perlakuan yang diberi pakan aterogenik dan ekstrak rebung bambu apus sebanyak 280 mg/tikus/hari,  masing masing secara individual dipelihara selama 14 (empat belas) hari.

Pemberian ekstrak bambu apus dengan berbagai variasi dosis dapat menekan peningkatan  proporsi kenaikan berat badan terhadap berat badan tikus putih (rattus norvegicus strain wistar) jantan dan Δ  berat badan tikus sesudah intervensi dipengaruhi  oleh konsumsi pakan sebelum intervensi dan variasi perlakuan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 394 times
PDF - 1298 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id