APLIKASI HERBAL DALAM KESEHATAN REPRODUKSI PEREMPUAN

Sidi Aritjahja(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesehatan reproduksi perlu di perhatikan, baik laki-laki maupun perempuan, namun yang dijadikan fokus adalah organ reproduksi perempuan karena banyaknya penyakityang dapat mengenai organ reproduksi perempuan. Pada umumnya kesehatan reproduksi terganggu dikarenakan masalah-masalah yang tidak diduga.
Organ reproduksi perempuan secara anatomis terlindungi dan terletak di antara tulang panggul dan tulang kemaluan. Di samping itu posisinya telah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak ada cairan yang dapat menggenang di dalamnya. Organ reproduksi perempuan merupakan tabung terbuka dengan vagina sebagai mulutnya, sehingga merupakan port d‘entry dari berbagai kontaminasi. Baik air, udara, pakaian mau pun dari alat kelamin laki-laki (bagi yang bersuami). Meskipun di dalam organ tersebut terdapat antibodi khusus yang dapat melindungi dari berbagai kontaminasi dari luar, namun tidak dapat sepenuhnya untuk melindungi. Hal inilah yang mengakibatkan organ reproduksi perempuan mudah mengalami gangguan kesehatan, baik infeksi akut mau pun kronis.  
Salah satu penyakit yang sering menyerang kesehatan reproduksi perempuan adalah kanker serviks. Kanker leher rahim (serviks) merupakan kanker pembunuh perempuan nomor dua di dunia setelah kanker payudara. Di indonesia, kanker leher rahim bahkan menduduki peringkat pertama.
Kanker serviks yang sudah memasuki stadium lanjut sering menyebabkan
kematian dalam waktu yang relatif cepat. Serviks atau leher/mulut rahim merupakan bagian ujung bawah rahim yang menonjol ke liang sanggama (vagina).
Kanker leher rahim berkembang secara bertahap, tetapi progresif.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 901 times
PDF - 570 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id