MOBILISASI DINI DAN PENYEMBUHAN LUKA OPERASI PADA IBU POST SECTIO CAESAREA (SC) DI RUANG DAHLIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SALATIGA

Anggorowati -(1*), Nanik Sudiharjani(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Persalinan dengan menggunakan metode sectio caesarea (sc) memiliki resiko kematian ibu 4-6 kali lebih besar dari kelahiran pervaginam. Mobilisasi dini merupakan suatu tindakan rehabilitative (pemulihan) yang dilakukan setelah pasien sadar dari pengaruh anestesi dan sesudah operasi.
Tujuan: untuk mengetahui hubungan mobilisasi dini pada ibu post SC dengan penyembuhan luka operasi di Ruang Dahlia RSUD Kota Salatiga.
Metodologi: penelitian ini menggunakan desain penelitian  korelasional dengan pendekatan crossectional, dilakukan pada 31 sampel. Analisis data menggunakan uji statistik chi square.
Hasil: mobilisasi dini hari ke 1, mobilisasi dini dilakukan sebanyak 12 responden (38,7%), hari ke 3 mobilisasi dini dilakukan sebanyak 4 responden (12,9%).
Penyembuhan luka operasi hari 1, kondisi luka operasi tidak baik sebanyak 9 responden (29,0%), penyembuhan luka operasi hari ke 3, kondisi tidak baik sebanyak 2 responden (6,5%). Ada hubungan antara mobilisasi dini dan penyembuhan luka operasi hari ke 3 (p: 0,013) α = 0,05.
Kesimpulan: Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai prosedur tetap
mobilisasi dini dan memotivasi pelaksanaan mobilisasi dini ibu post SC di Ruang Dahlia RSUD Kota Salatiga.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3301 times
PDF - 23827 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id