PERBANDINGAN TEKNIK DEMONSTRASI DAN DISKUSI TENTANG PENGGUNAAN MINYAK ESSENSIAL SAAT MENSTRUASI TERHADAP TINGKAT KESEDIAAN PEMAKAIAN PADA MAHASISWI KEPERAWATAN STIKES AN NUR

Agustina Ari Handayani(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang saat ini, penggunaan herbal dalam dunia keperawatan menjadi topik perbincangan yang cukup hangat. Pemahaman yang lebih dalam tentang herbal di kalangan mahasiswa keperawatan akan menjadi dasar dalam mengembangkan proses ―caring‖. Bagian herbal yang praktis sebagai terapi adalah minyak esensial, bagian ini didapat dengan mengekstrak tumbuhan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan teknik demonstrasi dan diskusi tentang penggunaan minyak essensial saat menstruasi terhadap tingkat kesediaan pemakaian pada mahasiswi keperawatan STIKES AN NUR.
Metode penelitian quasi eksperimen dilakukan pada mahasiswi tingkat 2 dan tingkat 3 program studi strata satu keperawatan, pengambilan sampel secara accidental sampling, responden yang bersedia dan menjadi sampel sebanyak 18 orang, kelompok 1 terdiri dari 9 orang menerima perlakuan dengan teknik demonstrasi, kelompok 2 terdiri dari 9 orang menerima perlakuan dengan teknik diskusi. Data yang diperoleh dianalisa dengan uji non paired t-test dengan tingkat kepercayaan 95%.
Hasil berdasarkan pengamatan pada kelompok perlakuan dengan diskusi terdapat 3 orang yang belum bersedia menggunakan, kelompok perlakuan dengan demonstrasi terdapat 1 orang yang belum bersedia. Hasil analisa dengan non paired t test memperlihatkan adanya perbedaan tingkat kesediaan pemakaian pada kelompok intervensi diskusi dan demonstrasi dengan nilai p value 0,029 < 0.05.

Kesimpulan teknik demonstrasi memberikan tingkat kebersediaan lebih tinggi dalam pemakaian minyak essensial dibandingkan teknik diskusi.

Saran: Peningkatan pengetahuan tentang penggunaan minyak essensial selama periode menstruasi harus dilakukan agar mahasiswa mampu mengaplikasikan pada diri dan klien.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id