HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PERSALINAN KALA I DENGAN KECEMASAN PERSALINAN KALA I PADA IBU BERSALIN DI RSIA BAHAGIA SEMARANG

Cahyani Widyastuti(1*), Anggorowati -(2), Rista Apriana(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Rasa cemas selama persalinan kala I disebabkan oleh ketakutan melahirkan. Takut akan peningkatan nyeri, takut akan kerusakan atau kelainan bentuk tubuhnya seperti episiotomi, ruptur, jahitan ataupun seksio sesarea, serta ibu takut akan melukai bayinya. Faktor pengetahuan ibu dalam menghadapi persalinan merupakan faktor yang sangat penting mempengaruhi lancar tidaknya proses kelahiran.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian Non Eksperimental dengan desain deskriptif korelasional karena peneliti mencoba mencari hubungan antar variabel yaitu variabel bebas adalah kecemasan ibu dalam menghadapi persalinan kala I. Dengan variabel terikat yaitu pengetahuan ibu tentang persalinan kala I. Sampel 54 orang secara accidental sampling.
Hasil : Sebagian besar ibu hamil di RSIA Bahagia Semarang mempunyai
pengetahuan yang cukup tentang persalinan Kala I sebanyak 26 responden (48,1%) dan tingkat kecemasan ringan dalam menghadapi persalinan Kala I sebanyak 27 responden (50%). Ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang persalinan Kala I dengan tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan Kala I di RSIA Bahagia Semarang. Korelasi Rank Spearman nilai r -0,424 dengan p value  sebesar 0,001.
Kesimpulan : Untuk mengatasi kecemasan ibu bersalin  harus mempersiapkan fisik dan mental yang baik. Ibu hamil harus meningkatkan pengetahuan dengan banyak konsultasi dan banyak membaca seputar persalinan kala I.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1768 times
PDF - 9122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id