KARAKTERISTIK, STATUS GIZI DAN PRAKTIK MENYUSUI DENGAN POLA MENSTRUASI AKSEPTOR KONTRASEPSI SUNTIK DI DESA 1 DOMBO KECAMATAN SAYUNG DEMAK

Sri Rejeki(1*), Nikmatul Khayati(2), Rohmatun Novianti Solekah(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Jumlah penduduk Indonesia tahun 2010 tercatat 237,6 juta jiwa dengan laju pertumbuhan 1,49 persen pertahun. Salah satu upaya untuk mengatasi pertumbuhan tersebut adalah melalui program KB termasuk jenis kontrasepsi suntik yang mencapai 58,7%. Penggunaan kontrasepsi suntik dapat mempengaruhi gangguan haid. Kontrasepsi suntik sebagai kontrasepsi hormonal dapat merangsang ovarium untuk membuat estrogen dan progesteron, yang keduanya dapat mencegah terjadinya ovulasi sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Faktor yang diduga dapat mempengaruhi pola menstruasi meliputi
karakteristik, status gizi dan praktik menyusui.
Tujuan: Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan karakteristik, status gizi dan praktik menyusui dengan pola menstruasi akseptor kontrasepsi suntik 3 bulan di Desa Dombo Kecamatan Sayung Demak.
Metode: Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan
pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu pengguna kontrasepsi suntik 3 bulanan di Desa Dombo Kecamatan Sayung Kabupaten Demak dengan jumlah 76 orang. Teknik samling yang digunakan adalah total pupulasi yaitu 76 orang.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara umur (p=1,000), pekerjaan (p=1,000), dan pendapatan (p=0,643) dengan pola menstruasi. Terdapat hubungan yang bermakna antara praktik menyusui (p=0,020)dan status gizi (p=0,018) dengan pola menstruasi pada Ibu akseptor kontrasepsi suntik 3 bulan  di Desa Dombo Kecamatan Sayung Demak.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang bermakna antara karakteristik dengan pola menstruasi dan ada hubungan yang bermakna antara status gizi dan praktik menyusui degan pola menstruasi oada ibu akseptor kontrasepsi suntuk 3 bulanan di Desa Dombo Kecamatan Sayung Demak. Bagi ibu pengguna kontrasepsi suntik 3 bulan jika merasakan keluhan dengan pola menstruasi selama menyusui, maka dapat melakukan pemeriksaan atau konsultasi ke tenaga kesehatan agar dapat menggunakan alat kontrasepsi yang lebih tepat selama menyusui.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 386 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id