PENURUNAN INTENSITAS NYERI AKIBAT LUKA POST SECTIOCAESAREA SETELAH DILAKUKAN LATIHAN TEKNIK RELAKSASI PERNAPASAN MENGGUNAKAN AROMATERAPI LAVENDER DI RUMAH SAKIT AL ISLAM BANDUNG

Ratna Pratiwi, Ermiati -, Restuning Widiasih

Abstract


Latar Belakang Persalinan dengan sectio caesarea dapat menimbulkan dampak setelah operasi yaitu nyeri. Adapun teknik penurunan nyeri yang dapat dilakukan yaitu dengan latihan teknik relaksasi pernapasan menggunakan aromaterapi lavender.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan teknik
relaksasi pernapasan menggunakan aromaterapi lavender.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pre-test Post-test: Sampel penelitian ini berjumlah 30 ibu post sectio caesarea hari pertama yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan di ruang nifas Rumah Sakit Al Islam, dengan menggunakan lembar observasi menggunakan skala VAS pada bulan Mei-Juni 2012.
Analisa data menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan intensitas skala nyeri sebelum dilakukan
intervensi adalah 6.6 dimana nilai tersebut masuk dalam kategori nyeri berat tertahankan.
Sedangkan sesudah dilakukan adalah 3.6 dimana nilai tersebut masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis lebih lanjut didapatkan bahwa p= 0.000 dengan taraf signifikan < 0.05, yang berarti ada perbedaan yang signifikan dari intensitas nyeri sebelum dan setelah dilakukan latihan teknik relaksasi pernapasan menggunakan aromaterapi lavender.
Kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan antara intensitas skala nyeri sebelum dan sesudah diberikan latihan teknik relaksasi pernapasan menggunakan aromaterapi lavender

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 5670 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id