HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 8 KOTA MAGELANG

Elok Khikmawati(1*), Heni Setyowati ER(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang : Remaja putri masih banyak yang mengalami ketidakteraturan pada siklus menstruasinya, baik dengan rata-rata siklus pendek maupun rata-rata siklus panjang. Hasil studi pendahuluan diketahui bahwa 53,3% remaja putri mempunyai rata-rata siklus menstruasi yang tidak teratur. Salah satu kemungkinan penyebab ketidakteraturan siklus menstruasi pada remaja putri adalah kondisi
anemia. Masih ada 59,9% remaja putri yang mengalami anemia.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan kadar hemoglobin dengan siklus
menstruasi pada remaja putri di SMP negeri 8 Kota Magelang.
Metode penelitian : Penelitian menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah 65 siswi, teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengukuran kadar hemoglobin menggunakan metode cyanmethemoglobin. Analisa data menggunakan uji korelasi pearson product moment.
Hasil : Rata-rata kadar hemoglobin responden adalah 11,81 g/dl dan rata-rata siklus menstruasi responden adalah 33,26 hari. Secara statistika didapat nilai p = 0,010 (p < 0,05) ini berarti ada hubungan antara kadar hemoglobin dengan siklus menstruasi. Sedangkan nilai korelasi pearson product moment r = -0,319 menunjukkan hubungan dengan kekuatan korelasi sedang dan arah korelasi berpola negatif, artinya semakin rendah kadar hemoglobin semakin panjang siklus menstruasinya.
Kesimpulan dan Saran : ada hubungan antara kadar hemoglobin dengan siklus menstruasi. Bagi remaja putri diharapkan lebih menjaga kesehatan diri dengan mengkonsumsi makanan dengan menu seimbang dan meningkatkan pengetahuan tentang kebutuhan gizi dan nutrisi bagi kesehatan reproduksi mereka.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1747 times
PDF - 4270 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id