HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN CITRA TUBUH ( BODY IMAGE) SISWI USIA SEKOLAH DENGAN MENARCHE DI KECAMATAN SALE

Mellia Silvy Irdianty(1*), Rita Hadi W(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Citra tubuh merupakan gambaran dari mental yang mencakup sikap dan pengalaman yang berkaitan dengan tubuh, termasuk pandangan tentangmaskulinitas dan feminimitas. Angka kejadian menarche yang relatif sedikit,dapat menyebabkan kecemasan dan kebingungan siswi dalam menghadapi menarche.
Tujuan penelitian ini diharapkan dapat mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan citra tubuh anak usia sekolah setelah menarche.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif korelasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling terhadap 90 orang. Analisis data untuk mengetahui ada atau tidaknyahubungan antar variabel menggunakan uji korelasi Chi Square.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji Chi Squre menunjukkan nilai t hitung(31,284) lebih besar dari t tabel (9,488) atau sig (0,000) lebih kecil dari ά (0,005)sehingga Ha diterima yang berarti bahwa ada hubungan antara dukungan sosialteman sebaya dengan citra tubuh siswi usia sekolah setelah mengalami menarche.
Kesimpulan : Berdasarkan penelitian tersebut dapat disarankan bagi siswisekolah diharapkan untuk meningkatkan intensitas keakraban dengan melakukan kegiatan bersama dengan teman sebaya guna mendapatkan dukungan sosial yang maksimal. Bagi Ilmu Keperawatan, pemberian pendidikan kesehatan mengenai kesehatan reproduksi remaja dapat membantu mengatasi kecemasan dankebingungan pada anak dengan menarche lebih awal

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1337 times
PDF - 1571 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id