IbM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (SMA NEGERI 1 KARTASURA DAN SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA SUKOHARJO

Sulastri -(1*), Arina Maliya(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian masyarakat tentang UKS Sekolah SMA Negeri Kartasura dan SMKMuhammadiyah Kartasura Sukoharjo telah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah dibuatbersama-sama antara mitra dengan ketua pengabdian dan anggota. Masalah yang dihadapikedua mitra adalah : yang dihadapi oleh SMA Negeri I Kartasura adalah : 1)Guru BK sudahlama tidak mendapatkan materi yang baru tentang kesehatan reproduksi remaja. 2)Guru BKtidak mendapatkan waktu yang khusus/ pasti untuk masuk ke kelas, mengingat kelas yangada saat ini 32 kelas. 3)tidak mempunyai fasilitas untuk menyampaikan informasi tentangkesehatan reproduksi remaja. 4)Kurangnya fasilitas pelayanan UKS untuk kenyamanan dankeamanan bagi pengguna UKS, karena laki-laki dan perempuan menjadi satu ruang ukurankecil.

Permasalahan yang dihadapi oleh SMK Muhammadiyah Kartasura Sukoharjo adalah :1)Kurangnya informasi ilmu yang baru bagi para guru BK tentang kesehatan reproduksiremaja, sehingga membuat guru kurang percaya diri menghadapi siswa karena SMK siswanya banyak laki-laki dibanding wanita. 2)SMK Muhammadiyah juga tidak mempunyai fasilitas alat/ media untuk menyampaikan pengetahuan tentang kesehatanreproduksi remaja kepada siswa, padahal guru tidak ada waktu untuk masuk kelas.

Solusi yang dilakukan adalah kepada kedua mitra pengabdian SMA Negeri Kartasuradan di SMK Muhammadiyah Kartasura guru BK di ikutkan kegiatan in house trainingtentang peran guru dalam promosi kesehatan reproduksi remaja di sekolah, memberikan leaflet, brosur, poster dan spanduk yang ditempelkan di lingkungan sekolah tentang kesehatan reproduksi remaja, memberikan dan menempelkan secara langsung mading kaca almunium untuk tempat menempelkan informasi kesehatan, dan juga memberikan kenyamanan tempat UKS yaitu memberikan sekat ruangan untuk siswa laki-laki danperempuan, memasang kipas angin untuk memberikan udara sejuk serta memberikan sekatkorden untuk menjaga agar ruangan tidak secara langsung terlihat dari luar.

Hasilnya lingkungan sekolah pada kedua mitra pengabdian yaitu SMA NegeriKartasura dan SMK Muhammadiyah Kartasura semua guru BK yaitu 7 dari SMA Negeridan 2 dari SMK Muhammadiyah Kartasura sudah mengikuti kegiatan in house training danbersertifikat, leaflet  dan brosur terpasang di mading sekolah dan di ruang UKS, poster


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 544 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id