Pemanfaatan Reaktor Membran Fotokatalitik dalam Mendegradasi Fenol dengan Katalisis TiO2 dengan Adanya Ion Logam Fe(III) dan Cu(II)

Ana Hidayati Mukaromah(1*), Bagus Irawan(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Limbah Rumah Sakit merupakan salah satu sumber pencemar lingkungan
yang perlu diwaspadai dan perlu ditangani secara lebih khusus serta spesefik mengingat dampak negatifnya bagi manusia dan lingkungan hidup. Limbah cair Rumah Sakit dapat berasal dari laboratorium Mikrobiologi laboratorium, laboratorium Kimia Klinik, laboratorium Hematologi, ruang Operasi, dan ruang Instalasi lain. Penggunaan kreolin dan krisol sebagai desinfektan (fenol kurang lebih 15%), penggunaan fenol sebagai antiseptic eksteren dan baku pengenceran fenol dalam penentuan koefisien fenol (KF) terhadap daya sterilisasi peralatan terutama dari laboratorium Mikrobiologi dan ruang operasi, menyebabkan fenol potensial sebagai sumber pencemar dari limbah cair Rumah Sakit.
Limbah cair senyawa organic seperti logam Fe(III), Cu(II) maupun senyawa organik seperti fenol tersebut merupakan polutan yang mempunyai toksisitas yang tinggi dan bersifat karsinogen (pemicu kanker) yang menjadi salah satu limbah berbahaya di rumah sakit. Menurut peraturan Daerah Jawa Tengah No. 10 Tahun 2004 tentang Baku Mutu Air Limbah, Rumah Sakit tidak boleh mengandung fenol
sama sekali, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk menurunkan atau
menghilangkan fenol dari air limbah tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah mendesain suatu teknologi pengolahan limbah cair dengan membran fotokatalitik dalam mendegradasi fenol dari lmbah cair Rumah Sakit yang terkatalisis TiO2 dengan adanya ion logam seperti Fe(III) dan Cu(II) secara alamiah dan sinergis. Penelitian ini dilakukan dengan berbagai varian untuk mengetahui kondisi optimum degradasi fenol dengan katalis dan membran fotokatalitik seperti konsentrasi larutan fenol (100-400 mg/L), jumlah katalis (100-300
mg/L), pH larutan (6-10), waktu reaksi dalam reaktor (25-75 jam), sehingga dihasilkan teknologi membran fotokatalitik dalam mendegradasi fenol dengan katalis TiO2 dan adanya ion Fe(III) (50-159 mg/L), dan Cu(II) (1-30 mg/L) yang sesuai dengan kondisi optimasi dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dalam sekala laboratorium.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa teknologi
membran fotokatalitik dapat mendegradasi Fenol cukup signifikan.
Kata Kunci : Menbran Fotokatalitik, Fenol, Katalis TiO2, ion Fe(III) dan Cu (II)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1184 times
PDF - 595 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id