SPIRITUALITAS WANITA DENGAN KANKER SERVIK

Sari Sudarmiati(1*), Nur Laili Fithriana(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebutuhan spiritual merupakan salah satu bagian dari kebutuhan dasar setiap individu. Pemenuhan kebutuhan spiritual yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang begitu juga dengan pasien kanker serviks. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit kanker yang paling mematikan dengan angka kejadian yang meningkat setiap tahun. Karya ilmiah ini untuk membahas spiritualitas wanita kanker serviks di RSUP dr. Kariadi Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Sampel sebanyak 5 kasus, diambil di bangsal dan klinik ginekologi RSUP dr. Kariadi. Pengambilan data menggunakan catatan keperawatan, medis, observasi, wawancara, dan dilengkapi kuesioner Spiritual Needs Questionnaire (SpNQ). Hasil, menunjukkan bahwa kebutuhan spiritual dianggap sebagai kebutuhan yang sangat penting. Klien mengalami distress spiritual, koping tidak efektif, dan kepustusasaan. Intervensi dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip peningkatan spiritual dan penguatan koping.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebutuhan spiritual merupakan kebutuhan yang sangat penting, terutama kebutuhan kedamaian, kebutuhan beragama dan kebutuhan memberi. Sedangkan, bentuk kebutuhan spiritual yang paling diperlukan adalah berdo’a.
Pentingnya kebutuhan spiritual ini dapat dijadikan masukan untuk perawat dan rumah sakit untuk lebih memperhatikan kebutuhan spiritual wanita kanker serviks dengan meningkatkan kompetensi dan fasilitas pemenuhan kebutuhan spiritual.
Kata kunci: spiritual, kanker servik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1316 times
PDF - 593 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id