NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MODEL PEMBELAJARAN ”WISATA LOKAL”
(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Model pembalajaran “Wisata Lokal” adalah suatu model yang mengoptimalkan fungsi, peran, dan manfaat potensi daerah, baik kelebihan maupun kekurangannya. Model pembelajaran “Wisata Lokal”, dikemas melalui local tourism-class (pemasangan poster dan material yang berisi potensi daerah dalam ruang kelas) dan local tourism-information yakni informasi potensi daerah yang dikemas dalam bentuk web “Wisata Lokal”. Model ini sangat erat hubungannya dengan nilai-nilai karakter peserta didik. Nilai karakter dari model pembelajaran “Wisata Lokal” dapat dipeoleh meliputi: proses penyusunan konten dari model, konten/informasi dari model, serta proses instruksional yang terjadi. Berdasarkan enam belas tujuan membangun karakter, model ini sangat memungkinkan dapat menumbuhkan nilai karakter pada peserta didik. Model pembelajaran “Wisata Lokal” sangat dekat dengan kehidupan dan lingkungan peserta didik, sehingga sangat memungkinkan memberi kemanfaatan bagi masa, serta terlaksananya nilai-nilai karakter peserta didik secara berkelanjutan. Hasil penelitian memberikan rekomendasi, perlu diimplementasikannya model pembelajaran “Wisata Lokal” di sekolah, untuk penerapan nilai-nilai karakter pada peserta didik.
Kata kunci: nilai-nilai karakter, model pembelajaran. Wisata lokal.
Kata kunci: nilai-nilai karakter, model pembelajaran. Wisata lokal.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 289 timesPDF - 184 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang
email:[email protected] http://unimus.ac.id