HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG AKDR DENGAN MINAT SKRINING KANKER SERVIKS

Rossa Arvita(1*), Nur Hidayah(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu faktor resiko yang menjadi pemicu terjadinya kanker leher rahim adalah pemakaian Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR). Pemakaian AKDR akan berpengaruh terhadap serviks
karena adanya resiko pemakaian AKDR, yaitu bermula dari erosi di serviks yang kemudian menjadi infeksi yang berupa radang yang terus menerus. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan
di Puskesmas Sangkrah bulan Desember 2015, 8 dari 10 akseptor tidak mengetahui kanker serviks sebagai salah satu resiko pemakaian AKDR. 10 akseptor tersebut tidak ada yang pernah melakukan skrining kanker serviks. Dan 1 dari 10 akseptor menyatakan berminat mengikuti skrining kanker serviks.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang AKDR dengan minat skrining kanker serviks. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional, jumlah populasi sebanyak 35 responden. Waktu penelitian bulan April Mei 2016 di Wilayah Kerja Puskesmas Sangkrah. Dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling. Menggunakan kuesioner penelitian dan analisis data menggunakan spss 21.0 dengan uji Spearman Rank. Hasil uji korelasi spearman rank (?) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,265 dan nilai p value I sebesar 0,019 (p-value < 0,05).
Untuk dk = 32 yaitu 0.061173 karena Z hitung > Z tabel (1,549707 > 0,061173) maka H 0 ditolak artinya ada hubungan pengetahuan ibu tentang AKDR dengan minat skrining kanker serviks.
Kesimpulannya terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang AKDR dengan minat skrining kanker serviks. Semakin tinggi pengetahuan ibu tentang AKDR, maka semakin tinggi pula minat ibu dalam melakukan skrining kanker serviks.
Kata Kunci : Pengetahuan, Ibu, AKDR, Minat, Kanker Serviks

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id