MODEL PENINGKATAN KINERJA UMKM MELALUI INOVASI, PROSES OPERASI YANG EFISIEN DAN PEMELIHARAAN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PADA UMKM DI KOTA SEMARANG

Widaryanti -(1*), Eman Sukanto(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


UMKM di Kota Semarang semakin berkembang dan tumbuh pesat, namun dilain pihak UMKM sendiri masih dililit berbagai masalah seperti kepastian usaha, teknologi, akses terhadap pasar, informasi dan perlindungan dari persaingan yang tidak sehat. Tujuan penelitian ini yaitu merumuskan model
intellectual capital dalam mencapai kinerja UMKM melalui inovasi, mengidentifikasi dan menguji secara empirik implementasi human capital dalam mencapai inovasi UMKM melalui efficient operating process / proses operasi yang efisien yang dilakukan oleh UMKM di Kota Semarang, mengidentifikasi dan menguji secara empirik implementasi human capital dalam mencapai inovasi UMKM melalui maintanable customer relationship / Pemeliharaan Hubungan dengan Pelanggan yang dilakukan oleh UMKM di Kota Semarang. Pengambilan sampel menggunakan nonprobabilitas (secara tidak acak)
dengan metode proporsional sampling sebanyak 97 UMKM Di Kota Semarang. Metode pengambilan data menggunakan penyebaran kuesioner dan tehnik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya hubungan langsung dan positif antara Human capital
dan kinerja UMKM, adanya hubungan langsung dan positif antara Human Capital terhadap Pemeliharaan Hubungan dengan Pelanggan, adanya hubungan langsung dan positif antara Human Capital terhadap Proses Operasi yang Efisien, adanya hubungan langsung dan positif antara Inovasi terhadap Kinerja UMKM, adanya hubungan langsung dan positif antara Pemeliharaan Hubungan dengan Pelanggan terhadap Inovasi, tidak adanya pengaruh langsung antara Pemeliharaan Hubungan dengan Pelanggan terhadap Kinerja UMKM, adanya hubungan langsung dan positif antara Proses Operasi yang Efisien terhadap Inovasi, tidak adanya pengaruh langsung antara Proses Operasi yang Efisien terhadap Kinerja UMKM, adanya pengaruh tidak langsung antara Human Capital terhadap Inovasi melalui Pemeliharaan Hubungan dengan Pelanggan dan Proses Operasi yang Efisien, adanya
pengaruh tidak langsung antara Human Capital terhadap Kinerja melalui Pemeliharaan Hubungan dengan Pelanggan dan Proses Operasi yang Efisien, adanya pengaruh tidak langsung Pengujian Pemeliharaan Hubungan dengan Pelanggan terhadap Kinerja melalui Inovasi, adanya pengaruh tidak langsung antara Proses Operasi yang Efisien terhadap Kinerja melalui Inovasi.
Kata Kunci : modal manusia, proses operasi yang efisien, hubungan pelanggan dipertahankan, Inovasi,
kinerja UKM

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id