NILAI PENDIDIKAN AKHLAK FILM RUMAH TANPA JENDELA KARYA ADITYA GUMAY DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN INTERPRETASI MAKNA TEKS ULASAN DRAMA/FILM DI KELAS XI SMA/SMK

Khabib Sholeh(1*), Dita Anggun Meirani(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan akhlak, dan penerapannya dalam pembelajaran interpretasi makna teks ulasan drma/film film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay di kelas XI SMA/SMK. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan studi kepustakaan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan bantuan kartu pencatat data dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa nilai pendidikan akhlak dalam film Rumah Tanpa Jendela meliputi akhlak terhadap dirinya sendiri, yaitu beryukur, ikhlas, dan sabar; akhlak terhadap keluarganya, yaitu hormat kepada orang tua, dan saling mengasihi terhadap anggota keluarga; akhlak terhadap sesamanya, yaitu saling menolong, saling memberi, dan saling mengasihi. Semua nilai pendidikan akhlak tersebut terjalin melalui struktur pembentuk cerita yang memiliki nilai estetis dan tidak bersifat menggurui. Pembelajaran drama dengan materi interpretasi makna teks ulasan drama/film pada film Rumah Tanpa Jendela di kelas XI SMA/SMK terdiri dari pengertian interpretasi, menjelaskan struktur teks ualasan drama/film. Bagian ini berisi gambaran umum atau khusus tentang sebuah karya drama/film yang akan diulas yang meliputi: objek ulasan, hal yang menonjol/yang menarik untuk diulas, dan pementasan/pemutaran film Rumah Tanpa Jendela. Dilanjutkan dengan membimbing peserta didik membuat teks ulasan film, nilai-nilai yang terdapat dalamnya; menugasi peserta didik untuk mengidentifikasi dan menganalisis unsur intriksik dan nilai pendidikan akhlak pada film; membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hasil analisis kepada teman kelompok; memberikan kesempatan peserta didik untuk melaporkan hasil pekerjaan; dan mereflesikan kembali hasil pembelajaran dengan metode tanya jawab.

Kata kunci: nilai pendidikan akhlak, skenario pembelajaran drama.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 749 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id