PROGRAM PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP BERLANDASKAN KOMUNIKASI DAN ADMINISTRASI BISNIS BAGI KAUM MUDA DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA

Jati Wahyono Agustinus(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang dihadapi negara berkembang saat ini begitu kompleks. Dari permasalahan ekonomi, pendidikan, kesehatan, pemerataan pembangunan, dan bahkan masalah yang terasa tidakpernah habisnya yakni pengangguran. Indonesia merupakan salah satu dari beberapa Negara berkembang yang menghadapi masalah pengguran tersebut. Bahkan krisis tahun 2008 menjadi semakin memerparah dan menambah jumlah pengguran tersebut. Permasalah ini bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah, namun menjadi tanggung jawab kita bersama. Salah satu pihak yang memiliki andil terhadap pengangguran adalah Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi memiliki peran yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat. Bentuk Pengabdian pada Masyarakat ini dapat bekerja sama dengan berbagai pihak yang ada. Salah satu pihak yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STIKS Tarakanita adalah Perkumpulan Marga Sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari program LPPM untuk kaum muda yang tergabung dalam perkumpulan Marga Sejahtera.

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang bersifat deskriptif dengan tujuan memaparkan tentang Pelaksanaan Program PKM LPPM STIKS Tarakanita dengan Perkumpulan Marga Sejahtera dalam kegiatan Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap Berlandaskan Komunikasi, dan Administrasi Bisnis, bagi Kaum Muda dalam Memasuki Dunia Kerja. Program pelatihan ini memiliki tujuan untuk memersiapkan kaum muda yang tergabung dalam Perkumpulan Marga Sejahtera agar memiliki kepercayaan diri, memiliki keterampilan dalam menulis surat lamaran dan CV, menulis dan melamar kerja secara on line, dan memiliki kemampuan bernegosiasi dalam wawancara kerja. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahawa program Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap Berlandaskan Komunikasi, dan Administrasi Bisnis, bagi Kaum Muda dalam Memasuki Dunia Kerja memiliki manfaat yang bagus bagi peserta pelatihan dengan banyaknya peserta pelatihan yang memiliki pekerjaan yang lebih bagus dan diterima di beberapa perusahaan yang terkemuka.

Kata Kunci : Program Pelatihan LPPM, Persiapan Memasuki Dunia Kerja, Manfaat Pelatihan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 989 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id