IMPLEMENTASI BAHAN AJAR PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LINEVER PADA MATAKULIAH PROGRAM LINEAR

Venissa Dian Mawarsari(1*), Dwi Sulistyaningsih(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang mengiplementasikan bahan ajar pendekatan kontektual berbantuan linever (software Lindo dan Excel Solver). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari bahan ajar pendekatan kontektual berbantuan linever dalam proses perkuliahan program linear dengan kriteria : adanya ketuntasan belajar baik individu maupun klasikal, adanya pengaruh keaktifan dan keterampilan proses terhadap hasil belajar mahasiswa, dan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang menerapkan bahan ajar tersebut dengan yang tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : adanya ketuntasan belajar baik individu maupun klasikal sebesar 100% mahasiswa tuntas, adanya pengaruh keaktifan dan keterampilan proses sebesar 90,3% terhadap hasil belajar mahasiswa, dan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang menerapkan bahan ajar tersebut dengan yang tidak. Dengan rata-rata mahasiswa yang menerapkan bahan ajar sebesar 86 sedangkan yang tidak menerapkan bahan ajar sebesar 70. Jadi dapat disimpulkan bahawa implementasi bahan ajar pendekatan kontektual berbantuan linever efektif.

Keywords: linear program, contekstual, lindo and Excel Solver.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id