EDUKASI DAN IMPLEMENTASI SOLUS PER AQUA (SPA) BAYI, PEMANTAUAN TUMBUH KEMBANG DI KELURAHAN PUDAK PAYUNG KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Sri Rahayu(1*), Erna Widyastuti(2), Runjati -(3), Sri Sumarni(4)


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di Indonesia, jumlah balita 10 % dari jumlah penduduk, di mana prevalensi gangguan perkembangan bervariasi 12.8% s/d 16%. Pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal di tahun pertama kehidupan sangat menentukan kualitas sumber daya manusia di sepanjang kehidupan. Faktor fisik yang dapat mempengaruhi adalah stimulasi, kebutuhan nutrisi yang adekuat. Banyak macam cara stimulasi dapat dilakukan misalnya dengan pijat, Solus Per Aqua (SPA), alat permaiann edukatif dan lain-lain. Sebagai wilayah perbatasan Kelurahan Pudakpayung terletak antara kabupaten dan Kota, karakterisitik penduduknya heterogen dari pekerjaaan, status social dan ekonomi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan praktik stimulasi tumbuh kembang bayi yang sehat, status gizi pada bayi dan manfaat SPA Bayi.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat di Kelurahan Pudakpayung, sasaran adalah semua kader, ibu-ibu bayi balita, guru TK dan kader PAUD. Kegiatan dilakukan 4 tahap meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, follow up dan evaluasi.

Kegiatan pertama penyuluhan tumbuh kembang dan nutrisi balita diikuti 75 orang dengan hasil peningkatan rata-rata skor pengetahuan dari 60 menjadi 83. Kegiatan kedua : praktik SPA Bayi, dikuti 7 bayi, kegiatan ketiga praktik pemantauan tumbuh kembang di PAUD Dan TK diikuti 48 balita hasil deteksi 98% perkembangan sesuai umur, kegiatan ke empat yaitu penyuluhan dan praktik nutrisi bayi balita, dan gizi untuk bayi balita dikuti 54 ibu, hasil pre-post test peningkatan rata-rata skor pengetahuan dari 64 menjadi 80.

Perlunya tindak lanjut kegiatan ini dari kader kesehatan dan TIM Penggerak PKK wilayah pudakpayung, untuk mensosialisaskan kepada masyarakat tentang pentingnya stimulasi tumbuh kembang dan nutrisi balita.

Kata Kunci: Tumbuh Kembang, SPA Bayi, Nutrisi Bayi Balita

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 631 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id