ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PENGUSAHA TERHADAP PERSEPSI AKUNTANSI

Andwiani Sinarasri(1*), Ayu Noviani Hanum(2), Zulaikha -(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Informasi yang disediakan oleh akuntansi merupakan sebuah alat yang digunakan oleh pengguna informasi untuk pengambilan keputusan, terutama para pelaku bisnis. Pelaku bisnis sangat membutuhkan informasi akuntansi yang bisa mengukur dan mengkomunikasikan kegiatan ekonomi, tak
terkecuali pada bisnis UMKM,  Kemampuan pelaku UMKM dalam penyediaan informasi akuntansi yang akurat akan berdampak terhadap stakeholder bisnis UMKM tersebut. Persepsi akuntansi para pemilik UMKM menjadi titik awal untuk menilai kemampuan UMKM tersebut dalam upaya penyediaan informasi akuntansi yang berkualitas. Beberapa faktor yang diduga mempengaruhi persepsi akuntansi
adalah karakteristik dari pemilik usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa berbagai faktor yang berpengaruh terhadap persepsi akuntansi pemilik UMKM. Hasil yang diperoleh menyebutkan bahwa faktor usia, sikap pengusaha dan kompetensi manajerial terbukti berpengaruh terhadap persepsi akuntansi.
Keywords: Karakteristik Pengusaha, Persepsi Akuntansi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 419 times
PDF - 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id