KEUNGGULAN PEMBELAJARAN REFLECTIVE PEDAGOGY PARADIGM (RPP) UNTUK PERBAIKAN PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Eko Yuliyanto(1*), Fitria Fatichatul Hidayah(2), Enade Perdana Istyastono(3), Yosef Wijoyo(4), Titien Siwi Hartayu(5)


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan di perguraun tinggi merupakan pembelajaran sangat berbeda
dengan pembelajaran tingkat SMA. Namun, hal itu juga menjadi perhatian
khusus supaya proses transfer ilmu pengetahuan dari dosen ke mahasiswa
berlangsung dengan baik. Tujuan penelitian ini mengetahu keunggulan RPP
dalam penerapan pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Metode penelitian
ini menggunakan kajian referensi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran di perguruan tinggi memerlukan perhatian
khusus terutama pada metode-metode yang digunakan. Adanya keunggulan
RPP diharapkan dapat membuka pengetahuan para dosen untuk mampu
melakukan pembelajaran RPP: membangu konteks, penglaman,refleksi, aksi
dan evaluasi, sehingga kebermaknaan belajar para mahasiswa akan tertata
dengan baik dan sesuai dengan outcome yang diharapkan oleh program studi.   
 
Keywords: Reflective Pedagogy Paradigm, Keunggulan, Pembelajaran,
Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id