PENGARUH KONDISI LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 11 SEMARANG (DESKRIPTIF KUALITATIF)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Laboratorium adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan praktikum, penelitian, teknologi baru yang menunjang proses belajar dan mengajar untuk pelayanan pada masayarakat. Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Sains sebagai suatu proses ilmiah mempunyai arti bahwa untuk memperoleh pengetahuan tentang alam semesta diperlukan suatu proses yang harus diajalani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi laboratorium terhadap keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 11 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA negeri 11 Semarang dengan menggunakan pendekatan penelitian kulitatif. Teknik pengambilan data dengan cara menggunakan metode triangulasi data yaitu observasi, wawancara dan kuisioner (angket). Subjek penelitian ini adalah pengelola laboratorium, guru, dan siswa kelas XII MIPA 5 dan XII MIPA 6 SMA Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diambil dari penelitian ini adalah 1) Standarisasi laboratorium kimia dan 2) Kegiatan di Laboratorium.
Kata Kunci : Laboratorium, Keterampilan Proses Sains Siswa
Kata Kunci : Laboratorium, Keterampilan Proses Sains Siswa
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1298 timesPDF - 10856 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang
email:[email protected] http://unimus.ac.id