PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Puji Setiyowati(1*), Eny Winaryati(2), Wiwik Indah K(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Minat adalah suatu  moment dari kecenderungan yang terarah secara intensif pada suatu tujuan atau objek yang dianggap penting. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor intrinsik (faktor dari dalam diri peserta didik sendiri yang mendorongnya melakukan tindakan belajar, antara lain: perasaan, perhatian, kebutuhan dan bakat), dan faktor ekstrinsik (faktor dari luar individu peserta
didik yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan belajar, antara lain: orang tua, guru, teman, sarana dan prasarana). Faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi tinggi rendahnya hasil atau nilai yang mereka peroleh .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa pada materi sifat koligatif larutan.
Hasil penelitian tentang kompetensi pedagogik guru diperoleh hasil yang baik. Kompetensi pedagogik guru dilihat dari setiap indikator, yaitu indikator kesiapan guru dalam mengajar di kelas2,92; indikator cara guru menyampaikan materi 2,89; indikator minat siswa terhadap materi 2,74; indikator antusian siswa mengikuti pelajaran 2,67; indikator evaluasi antar siswa dan guru 3,11. Kemudian untuk minat siswa dilihat dari nilai rata-rata tugas dan ulangan harian mendapatkan nilai sangat baik, dengan nilai rata-rata tugas 94,92 dan rata-rata nilai UH adalah 84,34.Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki minat belajar yang baik terhadap materi sifat koligatif larutan.

Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar, Metode.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4433 times
PDF - 882 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id