PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATERI ASAM – BASA BERBASIS GROUP INVESTIGATION(GI) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PRO-LINGKUNGAN
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup menimbulkan banyak musibah yang
terjadi baik di dunia maupun di negeri kita sendiri. Permasalahan lingkungan yang
terjadi dapat diatasi dengan sikap kepedulian kita terhadap lingkungan melalui
pendidikan. Proses pembelajaran tidak hanya pemberian dan penyampaian materi
tetapi dapat diberikan pengalaman langsung kepada siswa dengan menerapkan
metode ilmiah melalui percobaan atau praktikum. Kegiatan pembelajaran praktikum
di sekolah kurang memberikan pengalaman belajar sehingga perlu dikembangkan
modul praktikum sebagai acuan siswa-siswi berbasis Group Investigatin (GI) dengan pro-lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui kualitas dan kelayakan modul praktikum praktikum pro-lingkungan berbasis GI pada materi asam basa serta meningkatkan sikap kepeduliaan siswa terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Prosedur pengembangannya melibatkan lima langkah utama, yakni analisis produk; mengembangkan produk awal; validasi ahli; uji coba lapangan skala kecil; dan produk akhir. Hasil penelitian modul praktikum dikembangkan dengan pengembangan Borg dan Gall dengan kualitas sangat baik dari setiap aspek validasi. Validasi oleh reviewer dinyatakan sangat valid atau layak untuk di uji cobakan kepada siswa.Sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan terdapat peningkatan yang dapat dilihat dari tiga ranah yaitu; kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan ratarata sangat baik.
Kata kunci: modul praktikum, asam-basa, Group Investigation (GI), pro-lingkungan
terjadi baik di dunia maupun di negeri kita sendiri. Permasalahan lingkungan yang
terjadi dapat diatasi dengan sikap kepedulian kita terhadap lingkungan melalui
pendidikan. Proses pembelajaran tidak hanya pemberian dan penyampaian materi
tetapi dapat diberikan pengalaman langsung kepada siswa dengan menerapkan
metode ilmiah melalui percobaan atau praktikum. Kegiatan pembelajaran praktikum
di sekolah kurang memberikan pengalaman belajar sehingga perlu dikembangkan
modul praktikum sebagai acuan siswa-siswi berbasis Group Investigatin (GI) dengan pro-lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui kualitas dan kelayakan modul praktikum praktikum pro-lingkungan berbasis GI pada materi asam basa serta meningkatkan sikap kepeduliaan siswa terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Prosedur pengembangannya melibatkan lima langkah utama, yakni analisis produk; mengembangkan produk awal; validasi ahli; uji coba lapangan skala kecil; dan produk akhir. Hasil penelitian modul praktikum dikembangkan dengan pengembangan Borg dan Gall dengan kualitas sangat baik dari setiap aspek validasi. Validasi oleh reviewer dinyatakan sangat valid atau layak untuk di uji cobakan kepada siswa.Sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan terdapat peningkatan yang dapat dilihat dari tiga ranah yaitu; kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan ratarata sangat baik.
Kata kunci: modul praktikum, asam-basa, Group Investigation (GI), pro-lingkungan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 347 timesPDF - 2619 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang
email:[email protected] http://unimus.ac.id